Manfaat Pupuk SP 36

Manfaat Pupuk SP 36 – Sayuran segar adalah sumber vitamin dan zat besi yang sangat biak sekali bagi tubuh manusia.

Terlebih lagi, saat ini para petani dan juga masyarakat sedang berusaha menciptakan sayuran dengan menggunakan pupuk berkualitas seperti SP 36. Semua itu karena itu didasari kepada manfaat pupuk SP 36 yang luar biasa dan banyak sekali.

Saat ini menanam bisa dibilang gampang gampang susah karena terbatasnya lahan serta jikapun ada lahan tidaklah subur. Sedangkan permintaan pasar terus meningkat, tentunya jika dibiarkan akan sangat disayangkan.

Jenis pupuk SP 36 adalah jenis dari pupuk paling super yang kaya akan fosfat dengan kandungan P205 dengan kapasitas yang sangat tinggi hampir mencapai 36 persen.

Dimana, awal mulanya pupuk SP 36 di produksi oleh sebuah perusahaan besar bernama PT Petrokimia Gresik yang sampai hari ini masih disubsidi pemerintah untuk petani.

Kandungan Pupuk SP 36 yang Harus Diketahui

apa kegunaan pupuk sp 36
bukalapak.com

Alasan mengapa para petani sangat penting harus menggunakan pupuk jenis SP 36, selain pupuk ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terlebih lagi mengandung beberapa unsur yang sangat baik bagi pertumbuhan pada sayuran. Diantaranya kandungan pupuk SP 36 tersebut, meliputi :

1. P205

Kandungan pertama yang terdapat pada manfaat pupuk SP 36 adalah banyak memiliki senyawa P205 atau kandungan fosfor, yang dimana ini merupakan larutan dalam asam nitrat yang memiliki kadar persentase 34 persen.

Yang mana manfaat unsur P205 adalah mampu merangsang pembentukan akar baru. Serta memperkuat batang tanaman, dan merangsang pembentukan bunga dan buah.

2. Fosfat

Kandungan kedua yang dimiliki oleh pupuk SP 36 adalah memiliki unsur fosfat yang sangat banyak dengan kapasitas sebesar 36 persen.

Dimana manfaat luar biasa dari unsur fosfat ini bagi tanaman sendiri terutama sayuran adalah membuat tanaman semakin subur, segar, sehat. Dan juga memperkuat pada akar untuk menambah tinggi  pada tanaman tersebut.

3. Sulfur

Manfaat pupuk SP 36 dikatakan sebagai salah satu jenis pupuk yang paling bagus, karena mengandung sulfur. Dengan tingkat kadar adalah lima persen.

Sulfur baik dalam membantu membentuk butiran-butiran hijau daun, memberikan banyak vitamin dan protein pada tanaman, memberikan aroma, lekukan daun dan warna yang khas pada tanaman, serta menambah zat gula.

4. H20 Atau Air

Selanjutnya, kandungan terbaik yang dimiliki oleh jenis pupuk SP 36 adalah mengandung banyak air atau H20 dengan tingkat kadar rata-ratanya adalah sebanyak lima persen.

Dengan kandungan air yang banyak, maka sayuran dapat bertahan hidup lebih lama. Selain itu, air juga berfungsi membantu kelancaran fotosintesis, pembentukan protoplasma, memberikan mineral, dan memberikan metabolisme.

5. Kadar Asam Bebas

Kandungan lainnya yang dimiliki oleh pupuk jenis SP 36 ini adalah memiliki kadar asam bebas sebanyak enam persen.

Pada kandungan asam bebas memiliki banyak sekali H3PO4 yang bermanfaat dalam memberikan lemak pada sayuran. Sehingga sayuran akan menjadi gemuk dan sehat, serta mengandung gizi yang sangat tinggi dan baik bagi tubuh manusia.

Ciri-Ciri Pupuk SP 36 Agar Mudah Dikenali

apa fungsi pupuk sp 36

Selain memahami manfaat pupuk SP 36 bagi tanaman yaitu sayur-sayuran, terlebih dahulu harus memahami secara jelas, ciri-ciri pupuk SP 36 yang mudah dikenali.

Sehingga dapat memudahkan masyarakat dan juga para petani dalam membelinya, diantaranya, pada pupuk SP 36 memiliki bentuk butiran yang sangat kecil. Warna butiran pada pupuk SP 36 adalah abu-abu tidak putih.

Biasanya, pupuk ini dikemas dalam bentuk karungan yang memiliki berat mencapai lima puluh kilogram dengan adanya cap dan gambar kerbau warna emas. Pupuk SP 36 adalah jenis pupuk yang higroskopis bertahan lama atau juga disebut sebagai pupuk yang tidak mudah sekali menghisap air serta sangat mudah untuk bisa larut dalam air.

Cara Pembuatan Pupuk SP 36

guna pupuk sp 36
jatimnet.com

Cara pembautan pupuk SP 36, sehingga manfaat pupuk SP 36 menjadi sangat luar biasa, adalah dengan cara mencampurkan keseluruhan unsur yang dibutuhkan dalam pembuatan pupuk ini.

Sehingga menjadi larutan cairan yang sangat pada berbentuk semen panas. Lalu, cairan tersebut akan dialiri oleh belt conveyor atau semacam alat mirip seperti karet dan besi.

Ketika cairan yang diperlukan dalam pembuatan pupuk tersebut telah berhasil melewati belt conveyer, maka hasil yang didapat cairan akan menjadi keras serta terbentuklah padatan kristal yang diberi nama ROP.

Sehingga ini lah yang menjadi bulir abu-abu pupuk SP 36 yang selanjutnya setelah dingin dengan suhu pas, akan dilakukan pengemasan dalam karung.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pupuk Gandasil

Cara Menggunakan Pupuk SP 36 Untuk Menanam Sayuran

apa fungsi pupuk sp 36
8villages.com

Penggunaan pupuk SP 36 sejatinya tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun, asalkan takarannya pas. Dimana, jika tanaman tersebut bersifat musiman.

Maka penggunaannya menjadi pupuk yang bersifat dasar dan dilakukan sebelum masa penanaman. Namun, jika tanaman adalah jenis yang bersifat tahunan, maka pupuk SP 36 digunakan saat awal hingga akhir musim hujan.

Jangan lupa memberikan pupuk SP 36 disesuaikan dengan karakter pada tanaman tersebut, lalu larutkan kedalam air dengan takaran yang lebih anyak dari pupuk.

Setelah itu, aduk larutan pupuk bersama air dan siramkan ke tanaman, atau mungkin bisa juga hanya ditaburkan tanpa dilarutkan. Siram dan taburkan diatas tanah sampai benar-benar meresap kedalam tanah.

Manfaat Pupuk SP 36 Bagi Pertumbuhan Tanaman

pupuk sp 36 untuk cabe
perkebunan.org

Dengan kandungan yang sangat tinggi yang tersimpan pada pupuk SP 36, maka dalam pengaplikaisannya pada jenis tanaman yang ditanam.

Selain itu juga dilatarbelakangi oleh manfaat pupuk SP 36 yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman dan juga sayuran. Diantaranya sebagai berikut, yaitu :

1. Mempercepat Perkembangan Tanaman

Alasan mengapa pupuk SP 36 sangat bermanfaat dalam mempercepat perkembangan tanaman adalah karena pada jenis pupuk SP 36, mengandung banyak unsur hara fosfor yang dibutuhkan bagi tanaman disetiap waktu.

Sehingga, tanah yang menjadi media tanam akan mempercepat perkembangan pada akar dan batangnya. Semua itu agar tumbuhan tersebut bertumbuh secara cepat dan memperoleh hasil banyak.

2. Meningkatkan Kualitas Biji Tanaman

Manfaat pupuk SP 36 bagi tanaman selanjutnya adalah mampu membantu dalam meningkatkan kualitas perkembangan biji pada tanaman tersebut.

Sehingga dan memperbaiki serta dimanfaatkan untuk pembudidayaan tanaman selanjutnya dengan komposisi yang sama. Hal ini, karena pupuk ini dapat merangsang pembelahan sel-sel baru, sehingga jaringan sebuah akan tumbuh dalam waktu cepat dengan ukuran besar.

3. Mempercepat Proses Pemasakan Pada Buah

Manfaat lain yang didapat dari penggunaan pupuk SP 36 ini adalah membantu tanaman untuk mempercepat proses pemasakan pada buahnya, terutama jika tanaman tersebut adalah tanaman jenis tahunan.

Sehingga agar hasilnya berkualitas terjamin dan rasanya juga tetap sama dan tidak hambar. Penggunaan pupuk ini sangat penting untuk dilakukan, dan buah cepat matang.

4. Merangsang Perkembangan Batang Dan Akar Tanaman

Hal lain yang menjadi manfaat pupuk SP 36 bagi tanaman sayuran ataupun tanaman jenis lainnya adalah mampu merangsang perkembangan pada batang dan akar tanaman agar dapat bertahan kuat didalam tanah.

Dan tidak menimbulkan tanaman mudah tumbang jika terkena angin, selain itu ini juga berfungsi dalam mempercepat pertumbuhan pada tanaman agar tinggi.

5. Menjaga Metabolisme Tanaman

Mafaat dari pupuk jenis SP 36 kemudian yang paling penting adalah mampu menjaga metabolisme pada tanaman agar tanaman tersebut dapat mudah terhindar dari hama ataupun penyakit tanaman lainnya seperti gulma, ulat, dan lain-lainnya.

Karena setiap tanaman tersebut banyak diserang oleh hama dan penyakit, agar mengganggu metabolisme atau daya tahan pada tanaman

6. Mempertebal Daging Buah Tanaman

Terakhir, manfaat dari pupuk SP 36, selain dapat mempercepat proses pemasakan pada buah tanaman tersebut, namun sekaligus juga dapat mempertebal daging buah tanaman tersebut sehingga rasanya tetap nikmat dan segar.

Terlebih lagi, pada daging buah tersebut juga kandungan airnya lebh banyak dari pada tanaman yang tidak menggunakan jenis pupuk SP 36 ini.

Demikianlah informasi tentang manfaat pupuk SP 36 bagi tanaman tersebut, semoga saja informasi ini bermanfaat bagi semuanya terutama bagi para petani Indonesia yang ingin mewujudkan hasil pertaniannya dengan kualitas yang super baik dan juga hasil panen berlimpah ruah. Intinya untuk memulai ini harus semangat. Selamat mencoba dan terus saja berusaha !

Manfaat Pupuk SP 36

Categories Info

Leave a Comment