Cara Pemupukan Timun

Cara Pemupukan Timun – Timun adalah jenis tumbuhan subtropis yang digemari oleh seluruh masyarakat di dunia, salah satunya di Indonesia.

Alasannya adalah karena buah ini sangat segar dan kaya akan air sehingga dapat menghapus dahaga. Banyak masyarakat yang menanamnya di pekarangan rumah. Namun belum memahami cara pemupukan timun yang tepat agar hasilnya sangat baik.

Timun juga  buah-buahan yang dapat dikonsumsi dengan cara dimasak, di jus, dan juga dilalap begitu saja. Buah yang satu ini adalah termasuk kepada suku yang bernama labu-labuan atau nama ilmiahnya Cucumis sativus L.

Hidup dengan cara merambat dan berasal dari negara India, dengan kulitnya berwarna hijau atau kuning dan daging buah putih.

Jenis-Jenis Buah Timun Beserta Keunggulan

pemupukan tanaman timun
naturefresh.ca

Sebelum memulai untuk menanam buah timun, serta mengetahui cara pemupukan timun dengan baik dan benar, terlebih dahulu harus memilih jenis buah timun apa yang akan dipilih untuk ditanam. Terlebih lagi dari semua jenis timun tersebut memiliki banyak keunggulan yang berbeda, berikut ini jenis-jenis timun di Indonesia :

1. Timun Biasa

Jenis timun pertama yang  tidak asing untuk  masyarakat Indonesia adalah buah timun biasa. Dimana bentuk dari buah ini panjang dang besar, dengan kadar air sedikit dan biji yang mengumpul di dalam. Serta rasanya yang sedikit getir karena mengandung getah. Kulit buah timun ini sangat tipis dan hijau pucat  sedikit keputihan .

2. Timun Batang

Buah timun ke dua yang juga sering dikonsumi oleh masyarakat Indonesia sebagai lalapan adalah timun batang. Dimana, dari semua timun ini adalah jenis yang memiliki rasa paling manis dan daging buah yang sangat renyah untuk digigit. Terlebih lagi, ketika masak, buah ini memiliki warna kulit dominan kuning, dan kandungan airnya banyak.

3. Timun Monroe

Lalu ada Timun yang mirip dengan jenis timun luar yang bernama timun jubilee, dengan ukuran yang kecil atau mini serta kulitnya tidak mulus.

Namun memiliki tekstur berbintik-bintik kecil, walaupun begitu kesegaran dari jenis timun ini tidak dapat tertandingi. Serta ada garis-garis putih pada ujung kulit pada buah timun tersebut, sehingga harganya mahal.

4. Timun Roman

Jenis Timun Roman adalah timun yang memiliki ukuran besar, dan untuk bahan masakan seperti acar. Alasannya, karena jenis tumun ini memiliki daging  relatif tebal namun tidak pahit. Ukuran yang dimiliki buah timun ini sangat bervariasi yaitu antara 350 sampai 400 gram, dengan ukuran yang dimiliki adalah 22 sampai 24 centimer.

5. Timun Suri

Timun Suri memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis timun lainnya, karena memiliki ukuran besar dengan warna kulit kuning terang, isi  daging putih, dan bentuk lonjong. Dan, biasanya buah ini tidak bisa dimakan begitu saja sebagai lalapan, namun harus diolah terlebih dahulu, misalnya disajikan dalam bentuk es buah ataupun kolak.

6. Timun Jepang

Terakhir, jenis timun lainnya yang ada di Indonesia yang menjadi salah satu timun dengan harga mahal namun varietasnya sangat unggul dan kaya manfaat adalah, timun Jepang. Jenis timun ini bentuknya sangat panjang dan warnanya adalah hijau tua sangat pekat, kandungan biji  sedikit, dengan kulit tebal, biasanya diolah untuk sushi ataupun kimbab.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Timun

cara pemupukan timun sayur
womenshealthmag.com

Mentimun atau timun adalah jenis buah yang memiliki kandungan sangat menakjubkan, sehingga bermanfaat bagus bagi kelangsungan kesehatan manusia. Berikut ini, kandungan yang tersimpan di dalam mentimun yang harus diketahui bersama, yaitu :

1. Kalori Rendah

Timun adalah buah-buahan yang memiliki kadar kalori yang sangat rendah dan setiap buahnya hanya terdapat lima belas kalori saja untuk per 100 gramnya, sehingga  tidak memiliki lemak jenuh maupun kolestrol.

Di dalam kalori tersebut juga terdapat kalium yang menghasilkan elektrolit sebanyak 147 miligram perkalium. Ini bagus sekali bagi peredaran tubuh manusia.

2. Antioksidan

Selain kalium dan juga kalori, pada buah mentimun juga mengandung Antioksidan yang sangat tinggi dan bersifat rasio moderat, artinya ada zat betakaroten dan alfakaroten pada buah mentimun.

Di mana kaya akan vitamin A, vitamin C, Lutein, dan zeaxanthin. Kekuatan pada jumlah antioksidan timun memiliki tingkat radikal bebas sebesar 214 pergramnya tersebut.

3. Diuretik

Diuretik adalah zat yang paling banyak dimiliki oleh buah timun, dimana zat diuretik yang dimiliki sangat ringan, sehingga buah timun memiliki tekstur daging yang renyah dan tidak banyak mengandung air.

Semua itu dilatarbelakangi banyaknya natirum yang dimiliki buah timun tersebut. Diuretik sangat penting dibutuhkan manusia untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Vitamin K yang Kompleks

Kandungan lainnya yang dimiliki dari buah timun yang segar ini adalah vitamin K, dengan kadar yang dimiliki sebanyak 17 miligram vitamin K pada setiap 100 gam buah timun. Disertai dengan manfaat luar biasa pada vitamin K itu baik untuk tulang agar tidak mudah keropos, vitamin K bagus bagi penderita  Alzheimer.

Klassifikasi Buah Timun

Timun adalah buah-buahan jenis labu-labuan atau cucurbitacea atau sayur-sayuran segar, dimana timun memiliki nama ilmiah yaitu cucumis sativus L.

Berdasarkan jenis kulit yang dimiliki, buah timun memiliki lapisan paling luar yang bernama Exocarp, dan lapisan pada bagian tengahnya yaitu bernama Mesocarp atau daging buah, kemudian pada bijinya yaitu bernama Endocarp.

Dari sejarahnya sendiri, buah timun adalah tergolong kepada buah – buahan segar yang juga diolah menjadi sayuran sehingga sering diolah dalam bentuk tumisan ataupun kuah. Buah yang kaya manfaat ini berasal dari dataran rendah Asia Selatan, yaitu tepatnya di India dan Bangladesh. Bahkan dimasanya dahulu, buah ini menjadi primadona.

Baca Juga: Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto

Manfaat Timun Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

cara pemupukan pada mentimun
thecanadianencyclopedia.ca

Sebelum membahas tentang cara pemupukan timun dengan benar serta tepat, maka manfaat dari timun sendiri juga harus diketahui bersama, karena ini sangat membantu manusia, terutama dalam menjaga kesehatan. Yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Tulang Manusia

Timun adalah buah-buahan yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan manusia, terutama pada tulang. Dimana, ini semua terkandung dari banyaknya vitamin K pada timun tersebut, dengan kadar 16,4 miligram.

Vitamin K sendiri bagi tulang bermanfaat dalam membantu proses pemberian kalsium pada tulang-tualng didalam tubuh manusia. Agar tidak mengalami penyakit kekeroposan tulang.

2. Mengobati Penyakit Kanker

Pada buah timun, memiliki antioksidan yang sangat tinggi dengan kandungan Polifenol yang baik bagi tubuh.

Terutama di dalam polifenol tersebut memiliki lignan yang terdiri atas cairanpinoresionl, secoisolariciresinol, dan lariciresinol yang baik dalam mengobati bati kanker prostat, kanker rahim, dan kanker payudara. Serta, ada juga larutan Fitonutrien atau cucurbitacins yang baik mencegah kanker.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Manusia

Alasan mengapa pentingnya mengetahui manfaat dari buah timun sebelum mengenal cara pemupukan timun yang baik, karena pada timun terdapat silika yaitu komponen yang dibutuhkan untuk menjaga kulit agar selalu sehat.

Serta membantu memperkuat tulang dan otot manusia. Terutama pada kandungan airnya bagus untuk membuat kulit agar selalu lembab saat panas.

4. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Ternyata bagi masyarakat yang memiliki tekanan darah tinggi atau pengidap kolestrol sangat dianjurkan untuk mengonsumsi timun setiap hari.

Alasannya adalah karena pada timun memiliki potasium, magnesium, dan serat yang tinggi yang bagus membantu dalam menstabilkan tekanan darah yang tinggi agar rendah dan normal, dan ini harus dikonsumsi secara rutin .

5. Mengurangi Rasa Sakit Jantung

Manfaat lainnya yang diberikan dari buah timun adalah mengandung banyak nutrisi-nutrisi baik yang mampu memberikan kesehatan pada jantung.

Sehingga bagi penderita penyakit jantung, saat rasa sakit jantung menyerang, maka disarankan untuk meminum jus timun tersebut. Selain itu unsur yang bersifat anti inflamasi pada timun membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar berstamina.

6. Membantu Menyegarkan Mulut

Bagi masyarakat yang merasa memiliki bau mulut, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi mentimun ketika setelah makan, sebagai lalapan.

Karena timun dapat menyegarkan mulut dengan cara membantu melepaskan rasa panas dalam perut yang berlebihan agar berkurang, melalu dinding – dinding mulut. Sehingga bau mulut berkurang dan rasa kepercayaan diri kembali bertambah.

Cara Pemupukan Timun dengan Benar

cara pemupukan mentimun di musim hujan
thebusybaker.ca

Cara pemupukan timun harus memperhatikan bibit yang berkualitas, dengan ciri – ciri sehat dan jauh dari hama penyakit, sehingga pertumbuhan pada buah timun sesuai dengan harapan. Namun, tetap memperhatikan cara pemupukan yang tepat, yaitu dengan dua cara, diantaranya sebagai berikut :

1. Pemupukan dengan Dikocorkan

Cara pemupukan timun dengan cara dikocorkan yaitu dengan cara melarutkan beberapa pupuk yang digunakan dalam penanaman.

Baik itu pupuk organik atau non organik kedalam air dengan menyesuaikan dosis yang dibutuhkan oleh akar tanaman. Biasanya cara ini dengan menyiramkannya tepat ke tanah, dengan mengenai batang, sampai cairan pupuk terserap kedalam tanah.

2. Pemupukan dengan Ditebar

Metode cara pemupukan timun dengan cara ditebar adalah teknik yang sedikit sulit dilakukan oleh petani karena membutuhkan khusus agar tanaman tumbuh subur.

Dimana cara ini adalah dengan disebarkan kesekitar perkarangan pertanian dengan hati-hati tanpa menyentuh akar karena akan membuat tanaman mati dan keracunan. Terutama jika pupuk tersebut adalah bahan kima.

Demikianlah informasi tentang cara pemupukan timun yang tepat dan baik, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Intinya adalah dalam merat tanaman harus dibutuhkan kesabaran  yang ekstra dan tingkat kesabaran yang sangat tinggi. Tetap semangat dan terus berusaha, agar panen yang didapat menghasilkan keuntungan berlimpah dan berhasil sukses, selamat mencoba!

Cara Pemupukan Timun

Categories Info

Leave a Comment