Keuntungan Budidaya Lele

Keuntungan Budidaya Lele – Bingung memulai usaha? Punya modal tapi bingung ingin memilih bisnis apa? Kenapa tidak coba budidaya ikan lele saja. Pasalnya, keuntungan budidaya lele terbilang cukup tinggi, lho. Bahkan, bisnis ini mudah dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

Hingga saat ini, bisnis ikan lele masih sangat potensial untuk dijalankan. Ikan lele juga cocok sekali untuk para peternak pemula.

Keuntungan Budidaya Lele yang Wajib Anda Ketahui

Keuntungan Budidaya Lele yang Wajib Anda Ketahui
djpb.kkp.go.id

Adapun keuntungan yang bisa kita rasakan adalah sebagai berikut:

Pangsa Pasar yang Luas

Lele adalah jenis ikan yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Lele banyak disajikan di rumah-rumah makan. Pengolahannya pun beragam, mulai dari pecel lele, lele bakar, dan lain-lain. Banyaknya peminat, dan jenis makanan yang ditawarkan, membuat lele memiliki pangsa pasar yang bagus. Selain disajikan di restoran, lele juga sering dikonsumsi langsung. Inilah yang memudahkan para peternak untuk memasarkannya.

Daya Tahan Kuat

Lele mampu bertahan dalam kondisi air bersih, kotor, hingga tercemar sekalipun. Lele juga merupakan jenis ikan yang tahan terhadap serangan penyakit. Dengan daya tahannya yang baik, risiko kerugian akibat mati pun semakin rendah. Meski demikian, Anda harus tetap memperhatikan perawatan dan kebersihannya.

Masa Panen Lebih Cepat

Lele bisa dipanen maksimal sekitar 3 bulanan sejak benih lele ditebar. Masa panen yang lebih singkat, tentu akan memberi Anda banyak sekali keuntungan. Masa panen adalah salah satu alasan kenapa lele banyak dipilih oleh para peternak.

Perputaran Uang Lebih Cepat

Masa panen yang cepat, dan pangsa pasar yang bagus membuat perputaran uang semakin cepat. Selain itu, lele juga memiliki harga jual yang relatif stabil di pasaran. Anda pun tidak akan kesulitan dalam melakukan pemasaran. Karena, ada banyak pembeli yang membutuhkannya.

Dengan perputaran uang yang cepat pun, Anda akan mudah menambah jumlah kolam. Dengan begitu, hasil panen dan keuntungan menjadi berlimpah.

Daya Tahan Tinggi Terhadap Penyakit

Lele berbeda dari jenis ikan pada umumnya yang mudah terserang penyakit. Lele memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Lele memiliki lendir yang melindungi tubuhnya. Hal itulah yang membuat lele kuat dan tahan terhadap jenis penyakit apapun. Anda pun akan jarang sekali menemukan ikan lele yang mati akibat penyakit.

Perawatan yang Mudah

Lele tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Ikan ini mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Anda bisa menggunakan kolam tanah, semen, hingga terpal sebagai media kolam budidaya. Di mana pun tempat mereka berada, mereka mampu bertahan hidup dan berkembang biak.

Artikel Terkait: Analisa Usaha Budidaya Lele Sistem Bioflok

Namun, Anda harus rutin memberinya makan. Karena, lele memiliki sifat kanibal yang akan memangsa kawannya jika kelaparan. Berilah pakan 3 kali sehari di pagi, siang, dan malam hari.

Benih Murah dan Mudah Didapat

Anda bisa mendapatkan benih yang murah untuk budidaya ikan lele. Untuk 5000 benih ikan lele, perkiraan harga di pasaran adalah Rp1.000.000-an saja. Dengan modal benih tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan besar dalam sekali panen. Sekali panen untuk 5000 benih, Anda akan mendapatkan keuntungan belasan juta rupiah kotor.
Demikian 7 keuntungan budidaya lele yang wajib Anda ketahui.

Kesimpulan dari penjelasan di atas adalah, budidaya ikan lele cocok untuk pemula. Karena lele adalah ikan yang memiliki daya tahan kuat, minim perawatan, dan benih yang murah. Jadi, Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar.

Keuntungan Budidaya Lele

Leave a Comment