Dosis Pupuk NPK Mutiara

Dosis Pupuk Npk Mutiara – Pupuk menjadi suatu hal yang wajib ada dalam daftar bercocok tanam. Keberadaan pupuk menjadikan tanaman lebih subur sehingga mampu menghasilkan panen yang lebih besar.

Salah satu pupuk yang paling banyak digunakan dalam bercocok tanam yaitu pupuk NPK mutiara. Dengan selalu rutin menggunakan pupuk yang satu ini, pertumbuhan dan juga hasil tanaman akan menjadi lebih maksimal. Untuk selengkapnya, simak informasinya berikut!

Apa Itu NPK Mutiara?

Apa Itu Pupuk NPK Mutiara?
shopee.co.id

Pupuk yang termasuk dalam sebuah kategori pupuk majemuk ini selalu digunakan para petani dalam melakukan cocok tanam.

Pupuk NPK mutiara ini mampu digunakan untuk petani buah, bunga, palawija, maupun yang lainnya. Dari segi kualitas dan juga kuantitas, menggunakan pupuk ini akan menjadikan tanaman lebih unggul.

Pupuk ini diproduksi oleh Yara Internasional ASA dimana merupakan salah satu perusahaan agrokimia yang berada di Oslo, Norwegia. Distribusi yang ada di Indonesia dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama PT. Meroke Tetap Jaya yang berada di Medan, Sumatera Utara.

Dosis pupuk NPK mutiara ini pun juga bermacam-macam tergantung dari keinginan dari petani untuk menggunakan dosis tingkat berapa.

Kelebihan Kandungan Dari Pupuk NPK Mutiara

Kelebihan Kandungan Dari Pupuk NPK Mutiara
bukalapak.com

Ketika kita memilih pupuk untuk dijadikan sarana bercocok tanam, tentunya kita akan memilih yang memiliki keunggulan agar menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Dibandingkan dengan yang lainnya, pupuk NPK mutiara ini memiliki kelebihan kandungan yang akan memberikan manfaatnya, seperti halnya:

  1. Adanya kombinasi Nitrogen yang unik. NPK mutiara memiliki sebuah kombinasi nitrogen yang terbaik. Nitrogen-nitrogen (N03) ini langsung bisa tersedia untuk digunakan oleh tanaman. Bahkan adanya Amonium-Nitrogen (NH4) bisa dijadikan sebagai cadangan nitrogen yang bisa digunakan. Ketika kedua nitrogen ini dikombinasikan, akan memberikan sebuah respon yang menjadikan pertumbuhan lebih cepat.
  2. Pospat yang tersedia lebih efisien. Adanya proses produksi Nitrophosphate yang menjadikan sebuah kombinasi unik akan mampu membentuk sebuah Orthophosphate dan juga sebuah rantai Poliphosphate. Adanya bentuk ini menjadikan metabolisme energi dalam pertumbuhan. Selain itu, kombinasi pospat akan meningkatkan sebuah pembelahan sel, pertumbuhan akar dan juga pembungaan yang ada.
  3. Kandungan kalium untuk hasil panen yang baik. Jenis pupu yang satu ini sangat memiliki kandungan yang sangat lengkap. Unsur hara yang seimbang akan menjadikan kualitas panen lebih baik. Kandungan kalium yang ada pada pupuk mampu berperan sebagai sebuah keseimbangan air yang berada di dalam sebuah sel, turgor sel serta bertanggung jawab terhadap kandungan transportasi gula yang ada pada tanaman.
  4. Adanya hara yang seimbang. Setiap butir yang ada pada pupuk NPK mutiara ini memiliki sebuah kandungan hara yang seimbang. Selain itu, hara dalam tumbuhan akan cepat tersedia. Hal ini menjadikan sebuah tanaman akan lebih subur.

Kegunaan Dari NPK Mutiara

Kegunaan Dari NPK Mutiara
agronasa.com

Ada beberapa kegunaan dari NPK mutiara ini. Selain mampu dijadikan sarana penyubur semua tanaman yang ada, tentu ada spesifikasi khusus yang bisa didapatkan ketika menggunakan pupuk NPK mutiara ini.

Dengan penggunaan dosis pupuk NPK mutiara yang tepat, akan menjadikan tanaman sebagai berikut:

  1. Menjadikan tanaman mampu tumbuh dan juga lebih sehat. Ketika mengaplikasikan pupuk NPK mutiara ini ke berbagai tanaman yang ada, tentu akan memberikan sebuah pertumbuhan yang levih cepat dan juga sehat. Hal ini akan mengurangi adanya penyakit yang bisa ditimbul ketika menanam sebuah tumbuhan sayuran maupun buah.
  2. Memaksimalkan produktivitas secara jangka panjang. Perlu diketahui bahwa adanya penggunaan Dosis pupuk NPK mutiara ini akan menjadikan produktivitas tanaman akan lebih panjang. Lain halnya dengan petani yang hanya menggunakan pupuk biasa, umur dari panen akan sangat dirasakan.
  3. Produksi yang lebih meningkat. Ketika pertumbuhan yang ada dalam tanaman mampu meningkat, tentunya akan mempengaruhi ukuran dari buah maupun tanaman tersebut. Hal ini akan menjadikan hasil dari panen meningkat dan mendapatkan hasil yang lebih banyak.
  4. Meningkatkan kualitas rasa dan juga warna. Ketika warna alami yang ada pada tanaman maupun buah terpampang nyata, hal ini akan m penilaian positif terhadap tanaman yang ada. Penggunaan dari pupuk NPK mutiara ini akan menjadikan kualitas rasa dan juga warna berbeda yang lebih enak. Hal ini menjadikan harga yang ditawarkan akan berbeda.

Langkah Penggunaan Dosis NPK Mutiara

Langkah Penggunaan Dosis NPK Mutiara
Langkah Penggunaan Dosis NPK Mutiara

Supaya memiliki hasil yang lebih baik, pastikan langkah ketika menggunakan NPK mutiara tepat. Pemberian dosis NPK mutiara yang tepat akan menjadikan kesuburan tanaman sangat terjaga. Berikut beberapa langkah penggunaan NPK mutiara, antara lain:

  1. Untuk dijadikan sebagai dasar tanaman sayuran buah. Melarutkan pupuk NPK mutiara dengan 8 liter air bersih. Larutan NPK tersebut dengan 2 liter NPK mutiara asli.  Penggunaan pupuk NPK mutiara ini bisa dengan menaburkan secara langsung secara merata pada bedengan tanaman.  Tutupilah dengan menggunakan tanah secara tipis kisaran 3 hingga 5 cm. Aduklah campuran larutan pupuk dengan tanah agar tidak hanyut ketika hujan turun atau menguap saat matahari sedang bersinar.
  2. Alternatif untuk mengaplikasikan sebagai dasar tanaman sayuran. Untuk penggunaan dosis pupuk NPK mutiara sebagai pupuk dasar tanaman, bisa ditaburkan pada bedengan yang ada. Kesuburan tanah yang ada akan membedakan dosis pupuk yang ada. Larutkan kurang lebih satu kilo pupuk NPK mutiara ke dalam wadah berisi 2 liter air. Aduk menggunakan kayu dan pastikan benar-benar larut. Diamkan 5 hingga 10 menit agar pupuk benar-benar tercampur sempurna.
  3. Dosis untuk pupuk tanaman ubi. Pada tanaman ubi layaknya bawang merah, putih, kentang, dan juga wortel bisa dilakukan sebagai dasar sebelum melakukan tanaman. Caranya hampir sama yaitu dengan ditaburkan pada bedengan yang dibuat. Pastikan penanaman bibit dilakukan ketika 10 hingga 15 hari setelah penaburan pupuk. Hal ini dilakukan supaya pupuk menyatu dengan tanah dan tidak meracuni tanaman.

Penggunaan Dosis NPK Sesuai Dengan Umur Tanaman

Penggunaan Dosis NPK Sesuai Dengan Umur Tanaman
youtube.com

Penggunaan pupuk NPK mutiara ini juga bisa digunakan sesuai dengan umur dari tanaman tersebut. perbedaan umur tanaman akan membedakan jumlah kebutuhan pupuk yang harus diberikan. Nah, berikut penggunaan dosis pupuk NPK mutiara yang disesuaikan dengan umur dari tanaman tersebut:

  • Pemupukan pertama. Untuk pengocoran atau pemupukan pertama menggunakan NPK iniyaitu dengan menggunakan 4 kg pupuk NPK yang dilarutkan dalam 250 liter air. Hal itu berlaku untuk per tanaman.
  • Umur 7, 14, 21 hari. Ketika tanaman umur 7/14/21 hari, bisa dengan memberikan pupuk NPK sekitar 3 gram per tanaman. Dalam artian untuk 1 liter campuran pupuk bisa digunakan untuk 4 tanaman.
  • Ketika tanaman berbunga. Untuk merangsang tanaman berbunga, bisa dengan melarutkan pupuk NPK sebanyak 2 gram pada 1 liter airnya. Pastikan jangan melakukan penyiraman dalam rentang waktu 2 hari ketika hendak melakukan pemupukan.

Dengan menggunakan dosis pupuk NPK mutiara secara tepat, sama halnya dengan memberikan sebuah bahan organik pada tanaman. Hal ini tentunya tidak akan memberikan dampak negatif di masa mendatang.

Dosis Pupuk Npk Mutiara

Categories Tips

Leave a Comment