Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto

Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto – Selama ini yang diketahui bersama, ajinomoto atau MSG hanya hanya digunakan sabagai bahan yang ditambahkan pada masakan agar masakan memiliki rasa yang maknyus dan bertambah lezat.

Namun, ternyata ajinomoto bisa menjadi pupuk tambahan untuk cabe agar subur. Walaupun masih banyak yang belum memahami cara memupuk cabe rawit dengan ajinomoto.

Apalagi beberapa diantara masyarakat yang telah mencobanya menjelaskan, bahwa hasil panen cabe rawit yang dipupuk dengan ajinomoto dan pupuk lainnya memiliki bentuk, warna, dan rasa yang berbeda.

Dimana, bentuk dari cabe rawit yang diberi ajinomoto lebih besar, gemuk, dan memanjang. Serta, warnanya juga hijau terang. Kemudian rasanya cenderung sangat pedas.

Mengenal Klasifikasi dan Sejarah Cabe Rawit

ajinomoto untuk tanaman cabe rawit
tobasatu.com

Untuk memahami lebih jela cara-cara melakukan pemupukan yang tepat terhadap tanaman cabe rawit adalah mengetahui terlebih dahulu seperti apa klasifikasi dan asal mula cabe rawit berasal.

Cabe rawit atau dengan nama ilmiah apsium sp ini merupakan jenis dari tumbuhan perdu terong-terongan atau salanceace yang banyak hidup liar di hutan.

Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, adalah asal dari tanaman ini berasal, lalu akhirnya menyebar melalui pembibitan biji ke seluruh dunia.

Sejak tahun 2.500 SM, masyarakat seluruh dunia telah menjadikan cabe rawati sebagai bahan utama untuk memasak. Semua itu agar rasa makanan pedas dan sedap. Apalagi pedas menghasilkan panas yang bermanfaat menghangatkan tubuh.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Ajinomoto

Kandungan yang Terdapat di Dalam Ajinomoto
dryfruithub.com

Alasan mengapa ajinomot menjadi pupuk tambahan yang paling bagus untuk tanaman cabe rawit tentu saja didasari kepada kandungan yang ada didalam ajinomoto tersebut.

Ajinomoto yang merupakan bagian dari Monosodium Glutamat atau MSG mengandung banyak sekali larutan berupa pupuk cair. Di mana pupuk tersebut sangatlah baik bagi pertumbuhan pada tanaman cabe. Diantaranya adalah nutrisi ajinomoto.

Bentuknya yang kristal membuat ajinomoto tesusun atas kandungan dari senyawa N, H, dan C yang merupakan unsuru penting yang dibutuhkan tumbuhan.

Ternyata bukan hanya untuk tumbuhan cabe srawit saja yang bisa memakai pupuk ainomoto dalam perkembangannya. Namun buah, dan sayuran hijau lainnya juga bagus jika menggunakan pupuk jenis ajinomoto ini.

Manfaat Pupuk Ajinomoto Bagi Pertumbuhan Cabe Rawit

Manfaat Pupuk Ajinomoto Bagi Pertumbuhan Cabe Rawit

Sebelum memahami cara memupuk cabe rawit dengan ajinomoto, terlebih dahulu harus memahami Manfaat menggunakan pupuk Ajinomoto pada pertumbuhan cabe rawit agar berbuah lebat. Yaitu :

1. Menyuburkan Tanaman

Manfaat pertama yang dirasakan dari penggunaann pupuk ajinomoto bagi tanaman adalah membuat tanah yang menjadi media tanam cabe rawit tersebut semakin subur.

Selain itu tanaman juga akan kaya kandungan unsur hara yang tinggi. Sehingga cabe rawit tidak menjadi kerdil dan gemuk. Selain itu pembuahan dan perkembangan bunga pohon cabe lebat, sehingga jauh dari penyakit.

2. Merangsang Pertumbutan Cabe Rawit

Manfaat kedua yang didapat dari penggunaan pupuk menggunakan MSG jenis ajinomoto adalah mampu merangsang pertumbuhan pada tanaman cabe menjadi cepat.

Sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan hasil panen cabe rawit. Rangsang yang diberikan berpengaruh kepada daun, batang, bunga, dan buah cabe. Ini membantu proses cara memupuk cabe rawit.

Baca Juga: Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa

3. Tidak Mengubah dan Menghilangkan Rasa

Ajinomoto yang digunakan pada penambahan pupuk untuk tanaman cabe agar subur, dan menghasilkan jenis cabe yang berkualitas tinggi.

Semua itu karena cabe tidak busuk dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu pemanfaatan ajinomoto juga bermanfaat sekali dalam menjaga akar selalu kontan dan tidak berkurang sama sekali. Dimana rasa cabe rawit akan tetap pedas sekali.

4. Menambah Protein dan Lemak Pada Cabe Rawit

Terakhir, manfaat luar biasa yang diberikan oleh pupuk ajinomoto bagi pertumbuhan cabe rawit memberikan protein dan lemak baik yang sangat diperlukan bagi cabe rawit. Semua itu agar buah yang dihasilkan gemuk dan rasa yang dimiliki juga pas yaitu pedas. Rasa pedas yang kaya protein dan lemak juga memiliki efek baik untuk kesehatan.

Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto yang Benar

ajinomoto untuk cabe
youtube.com

Inilah berbagai macam cara yang bisa dipraktekkan dirumah cara bagaimana melakukan pemupukan terhadap cabe rawit yang ditanam, baik di dalam polibag ataupun langsung ditanah. Yaitu :

1. Tanah Sebagai Media Adalah Humus dan Sedikit Basah

dosis ajinomoto untuk cabe rawit
99.co

Dalam memulai cara memupuk cabe rawit, pertama kali perhatikan adalah pastikan tanah yang digunakan adalah kaya humus dan berwarna hitam.

Lalu memiliki tekstur yang sedikit basah, karena tumbuhan cabe rawit tidak akan tumbuh dengan sempurna. Di mana jika tanah di awal tanam sangat kering, dan gunakan polibag atau pot yang bisa menyaring air.

2. Siapkan Ajinomoto Berukuran 200 Gram

cara memupuk cabe rawit dengan ajinomoto
id.carousell.com

Langkah kedua dalam melakukan pemupukan terhadap tanaman cabe rawit adalah menyiapkan terlebih dahulu Ajinomoto yang akan digunakan, yaitu dengan ukuran yang besar dengan berat 200 gram.

Dimana jumlah dari ajinomoto tersebut adalah sebanyak 5 pics. Setelah itu, larutkan seluruh ajinomoto kedalam air yang ditaruh pada wadah yaitu sebanyak satu liter.

3. Siram Larutan Pupuk Ajinomoto Pada Cabe Rawit

manfaat ajinomoto untuk cabe
youtube.com

Setelah pupuk ajinomoto dilarutkan kedalam air, hanya mennggu lima belas menit, siramlah larutan pupuk ajinomo kepada tanaman cabe rawit dengan merata menggunakan gelas, dimana, pupuk jenis ajinomoto ini bisa diberikan hanya kepada tumbuhan cabe rawit yang telah berusia dua minggu, dikarenakan di usia inilah cabe rawit memerlukan nutrisi yang banyak.

4. Batas Penyiraman Hanya Setengah Gelas

manfaat ajinomoto untuk tanaman cabe rawit
youtube.com

Untuk menyiramkan tanaman cabe rawit dengan pupuk air ajinomot adalah dengan menggunakan gelas 100 mililiter, karena jika terlalu banyak akan membuat akar cabe rawit cepat busuk, lalu, jangan pernah ketertinggalan bahwa cara memupuk cabe rawit adalah dengan memberikan perbibitnya, yaitu dengan setengah gelas saja. Alasannya karena sudah mengandung humus .

5. Jangan Disiram Selama Satu Minggu

manfaat ajinomoto untuk tanaman cabai
youtube.com

Setelah tanaman cabe rawit disiram dengan pupuk ajinomoto, maka selama satu minggu biarkan saja sampai larutan pupuk ajinomoto larut dan meresap kedalam tanah, hal ini akan membuat akar dan batang cabe rawit menjadi kuat. Tidak hanya itu, varietas yang dihasilkan unggul, selama satu minggu, cabe rawit jangan disiram dengan air.

6. Berikan Penambahan Pupuk Organik Lainnya

manfaat ajinomoto pada cabai
youtube.com

Agar hasilnya lebih baik dan berkualitas, maka hal yang harus diperhatikan kembali saat melakukan cara memupuk cabe rawit, adalah dengan menambahkan sedikit jenis pupuk lainnya seperti pupuk organik kompos dari daun-daunan, ataupun pupuk kandang tujuannya adalah agar hasil cabe rawit yang dipanen bekualitas bagus dan diincar oleh para pembeli nantinya.

7. Memetik Daun yang Kering dan Rumput-Rumput Alga

ajinomoto untuk tanaman cabe
ulyadays.com

Langkah berikutnya setelah melakukan pemupukan, adalah mengecek rutin tanaman cabe yang sedang ditanam tersebut, agar tidak ada alga atau rumput-rumput liar diseklilingnya yang menghambat pertumbuhan dan perekembangan cabe rawit.

Karena, apabila ini tidak dilakukan, maka kualitas pada cabe juga akan buruk dan proses cabe rawit mengeluarkan bunga akan terhambat lama.

8. Memetik Cabe Rawit Hingga Tangkainya

pupuk cabe ajinomoto
youtube.com

Saat telah proses panen, maka lakukan pemberian sekali lagi pupuk ajinomoto, maka cara memupuk cabe rawit akan lebih menjadi sempurna.

Kemudian, setelah waktu satu minggu, barulah ketika cabe telah tumbuh lebat dan matang untuk dipanen, lalu petik cabe dengan ujung tangkainya, usahakan tidak merusak batang dan daun agar tidak rontok.

Demikianlah informasi tentang cara memupuk cabe rawit dengan Ajinomoto beserta manfaat yang didapatkan dari pemupukan menggunakan media tersebut, semoga ini bisa menjadi inspiratif yang edukatif terhadap dunia pertanian, dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya selain lebih sehat bisa menghembat uang belanja. Intinya adalah terus berusaha, jangan pantang menyerah, selama mencoba!

Cara Memupuk Cabe Rawit dengan Ajinomoto

Categories Info

Leave a Comment