Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam

Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam – Punya usaha ternak ayam? Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia peternakan ayam ini tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah gurem.

Gurem adalah salah satu hambatan bagi para peternak ayam. Sangat penting mengetahui cara mengatasi hama gurem pada ayam ini. Bagi para pemula mari lihat dulu ulasan singkat mengenai hama gurem pada ayam.

Apa Itu Hama Gurem Pada Ayam

Apa Itu Hama Gurem Pada Ayam
wikipedia.org

Gurem di sini lebih sering dikenal dengan istilah kremi. Dapat juga dikatakan sebagai kutu yang menjangkiti ayam. Kutu ayam ini memiliki bentuk yang sangat kecil hingga bisa juga dikatakan sebagai tungau kecil pada tubuh ayam. Jika ayam terjangkit hama satu ini maka ayam tersebut akan kehilangan sari-sari makanan yang ada pada tubuhnya.

Hama gurem ini menempel pada tubuh ayam dan menghisap darah ayam yang terdapat sari-sari makanan sebagai makanan si gurem ini. Unggas atau ayam akan terlihat tidak sehat jika terserang kutu ayam yang sangat mengganggu ini.

Gurem ini sendiri memang hanya menyerang unggas seperti ayam, entok, juga burung dara. Saat menyerang gurem akan datang dalam jumlah yang sangat banyak atau berkelompok.

Akibatnya, unggas atau ayam yang terserang gurem akan menderita anemia, iritasi, gatal, nafsu makan turun, hingga produksi telur yang terus menurun. Jika sudah demikian unggas atau ayam tersebut akan rentan atau mudah terserang penyakit.

Bagaimana Gurem Bisa Menyerang Ayam?

Bagaimana Gurem Bisa Menyerang Ayam?
romadecade.org

Perlu diketahui bahwa gurem ini menular dengan cepat, karena penularan terjadi melalui kontak langsung antar ayam. Jika dibiarkan maka akan ada banyak ayam yang terjangkit hingga sakit parah dan berujung kematian.

Biasanya gurem atau kutu ayam ini akan menyerang ayam yang sedang dalam masa mengerami telur. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan ayam yang tidak sedang mengerami telur juga bisa terserang kutu ayam.

Mengingat persebarannya sangat cepat, maka jika mengetahui adanya ayam yang terkena hama yang mengganggu ini harus segera ditangani. Penanganan yang cepat mencegah terjadinya penyebaran dan juga membantu ayam-ayam terhindar dari penyakit yang parah.

Apakah Bahaya Bagi Manusia?

Apakah Bahaya Hama Gurem Bagi Manusia?
sekolahalamjogja.com

Gurem yang sejenis kutu tentu sangat mudah sekali berpindah tempat dari satu ayam ke ayam lainnya. Bahkan perlu diingat kutu ayam ini juga bisa berpindah pada tubuh manusia.

Jadi ketika mencoba memberantas gurem pada ayam, peternak harus melakukannya dengan hati-hati karena kutu bisa berpindah dengan sangat cepat. Jika sudah terserang gurem, maka tubuh manusia yang terkena kutu ayam ini akan merasa gatal yang sangat mengganggu.

Oleh karena itu mari simak bagaimana cara mengatasi atau mencegah gurem pada ayam yang baik dan benar agar tidak membahayakan diri sendiri.

Cara Mencegah Datangnya Gurem Pada Ayam

Cara Mencegah Datangnya Gurem Pada Ayam
yellowpages.ca

Sebelum membahas lebih dalam cara mengatasi kutu ayam ada baiknya lebih dulu membahas pencegahannya terlebih dahulu. Jadi, agar gurem tidak sampai menjangkiti ayam lakukan langkah-langkah berikut.

  • Buat kandang terpisah untuk ayam betina yang sedang dalam masa mengerami telur dengan yang tidak. Tujuannya untuh mencegah gurem tersebar secara cepat.
  • Buat kandang ayam dimana sinar matahari bisa masuk dengan leluasa. Gurem di sini tidak tahan dengan sinar matahari, jadi panas matahari bisa mencegah adanya gurem pada kandang ayam. Untuk ini bisa juga menggunakan lampu sebagai solusi.
  • Menjaga kebersihan kandang juga termasuk salah satu cara ampuh untuk menghindarkan ayam dari serangan gurem. Lakukan pembersihan kandang secara rutin tak terkecuali pada bagian sarang.
  • Cara pencegahan tambahan adalah dengan mengaplikasikan kapur ajaib pada kandang. Jika menggunakan oli atau minyak cukup merendam bagian kaki kandang.

Langkah-langkah di atas bisa membantu peternak ayam menghindari serangan gurem pada ayam, khusunya pada ayam yang sedang dalam masa mengerami telur.

Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur

Cara Mengatasi Hama Gurem pada Ayam

Cara Mengatasi Hama Gurem pada Ayam
medium.com

Jika sebelumnya membahas secara singkat cara pencegahan gurem sekarang akan diulas bagaimana menanggulangi gurem yang sudah menyerang unggas khususnya ayam. Ulasan berikut membahas cara-cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi gurem.

1. Menggunakan Air Tembakau

Menggunakan Air Tembakau Untuk Mengatasi Hama Gurem
bimaco.id

Air tembakau bisa menjadi cara mengatasi hama gurem pada ayam. Bahan ini terbilang sangat aman digunakan karena tidak merusak lingkungan dan terbuat dari bahan alami. Meski dari bahan alami, air tembakau ini sama ampuhnya dengan cairan kimia yang biasa digunakan untuk mengusir hama atau pestisida.

Di dalam air tembakau ini terdapat zat nikiton yang kuat dan ampuh untuk membasmi serangga termasuk gurem atau kutu ayam.  Caranya adalah dengan merendam sekitar 3 ons tembakau di air hangat sebanyak 1 liter.

Diamkan rendaman tersebut selama satu malam. Jika sudah semalaman dibiarkan, air rendaman tembakau tersebut sudah bisa digunakan untuk menyemprot sarang ayam dan juga kandangnya. Ayam yang sudah terjangkit langsung saja disemprot dengan air tembakau ini sekalian kandangnya.

Ingat untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan agar nikotin tidak masuk ke pernafasan juga gurem tidak berpindah tempat ke tangan.

2. Menggunakan Daun Sirih

Menggunakan Daun Sirih Untuk Mengobati Hama Gurem
klikdokter.com

Cara mengatasi hama gurem pada ayam selanjutnya bisa dengan memanfaatkan daun sirih. Daun sirih ini juga dikenal sangat ampuh dalam mengusir serangga salah satunya gurem.

Caranya sangat mudah, cukup dengan mencincang segenggam daun sirih lalu ditaburkan pada sarang ayam yang sedang bertelur dan pada sekeliling kandang.

Dengan adanya daun sirih ini maka serangga-serangga akan kabur termasuk gurem. Jika perlu taburkan juga pada tempat telur ayam agar gurem  tidak bersarang di tempat itu. Ayam pun bisa bertelur dengan tenang dan aman.

3. Rimpang dan Daun Bengle

Rimpang dan Daun Bengle Untuk Hama Gurem
wikipedia.org

Masih bahan alami, cara mengatasi hama gurem pada ayam bisa juga dengan rimpang serta daun bangle. Caranya dengan memarut dua bahan alami tersebut lalu merendam parutan pada air hangat.

Jika sudah selesai direndam semalaman maka tinggal disemprotkan pada indukkan ayam dan juga kandangnya. Cara ini lebih aman bagi ayam dan juga manusia.

4. Air Jeruk Nipis dan Cuka

Air Jeruk Nipis dan Cuka Untuk Mengatasi Hama Gurem
honestdocs.id

Cara mengatasi hama gurem pada ayam kali ini menggunakan air cuka dan jeruk nipis. Campur kedua air tersebut lalu semprotkan pada ayam yang terserang gurem dan juga semprot pada kandangnya sekalian. Untuk pencegahan bisa juga ayam indukkan yang tidak terserang gurem diberikan semprotan air cuka dan jeruk nipis ini juga.

5. Oli Bekas

Oli Bekas Untuk Mengatasi Hama Gurem

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi hama gurem pada ayam adalah oli bekas. Caranya sangat sederhana adalah dengan mengolesi kandang dengan oli bekas tersebut. Tidak perlu secara menyeluruh cukup olesi bagian luar terutama tiang penyangga.

Cara-cara di atas bisa dilakukan untuk pencegahan pada ayam yang belum terserang gurem atau untuk menanggulangi pada ayam yang sudah terserang gurem. Bahan-bahan alami memang kerjanya mungkin tidak instan seperti pestisida. Namun bahan alami tentu lebih aman untuk ayam.

Cara mengatasi hama gurem pada ayam di atas adalah beberapa cara yang sudah sering dilakukan para peternak alam dan sudah dilakukan sejak dulu. Well, selamat mencoba.

Cara Mengatasi Hama Gurem Pada Ayam

Leave a Comment