Cara Budidaya Ikan Black Molly

Posted on

Cara Budidaya Ikan Black Molly – Pecinta ikan hias sangat mengenal ikan black molly. Panjang tubuhnya hanya 12 cm dengan ciri warna tubuh hitam putih. Jenis ikan air tawar ini memang sedang menjadi primadona dikalangan pengkolektor ikan. Black molly sangat kuat hidup dalam kondisi apapun.

Bisa hidup dengan baik di dalam kolam maupun aquarium. Selain itu Ikan jenis ini sangat mampu beradaptasi dengan cepat. Dengan bentuk tubuh yang sangat kecil akan menarik perhatian dan imut saat dilihat.

Keberadaan ikan black molly tidak hanya dipelihara saja namun, para penggemarnya melakukan budidayakan ikan black molly sebagai bisnis yang menjanjikan.

Jika sudah berniat dengan pengembangbiakan black molly tersebut, maka harus memperhatikan cara budidaya ikan black molly. Perhatikan apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana tahapan-tahapan dalam melakukan budidaya tersebut.

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Benih Ikan Black Molly

Benih Ikan Black Molly
youtube.com

Dinamakan benih black mollly jika terlahir dari induk yang sehat. Oleh karena itu, harus memilih induk back molly dengan benar, agar cara budidaya ikan black molly menjadi sempurna. Saat memilih induk black molly untuk pemijahan, pilihlah ikan yang sehat dan baik. Agar hasil benih black molly nantinya memiliki kualitas yang prima.

1. Pemilihan Benih Ikan Black Molly

Pemilihan Benih Ikan Black Molly
thefishop.com

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memilih indukan black molly. Lakukan pemijahan untuk mendapatkan kualitas yang prima dari induk black molly.

  • Warna hitam arang yang sebaiknya dipilih untuk menandakan bahwa indukan tersebut sehat. Dan umur back molly dengan batasan minimal 6 bulan.
  • Adanya pilihan untuk induk jantan dan betina dilakukan agar ikan black molly segera berkembangbiak. Untuk ukuran pejantan hanya 3 cm saja sedangkan 5 cm untuk ukuran betina.
  • Ada ciri yang harus diperhatikan dalam memilih indukan jantan dan betina. Yaitu jika ada benjolan seperti gonopodium tepat berada di belakang sirip bagian perutnya, tubuh terlihat ramping serta sedikit cerah, maka ciri tersebut dimiliki pejantan black molly. Sementara itu jika tak ada tonjolan apapun dan bentuknya gemuk serta membulat maka itulah ciri betina.
  • Jika sudah memilih indukan yang tepat maka persiapkan pemijahan. Pemijahan tersebut harus disediakan media secara khusus.
  • Apapun media pemijahan harus perhatikan kadar PH air yaitu 7 hingmga 12 dan suhunya sekitar 25 hingga 27 derajat celcius.
  • Dalam skala 100 ekor indukan maka gunakan perbandingan 1:3. Misal jantan 25 ekor maka sisanya adalah betina 75 ekor dalam satu media perkembangbiakan. Hingga dalam waktu satu minggu, media pemijahan terlihat penuh oleh benih ikan black molly.
BACA JUGA  Jenis Tanaman Budidaya Dataran Rendah

Panduan pemilihan benih ikan black molly ini bertujuan untuk menghasilkan ikan black molly yang sehat. Agar ke depan tidak ada masalah berarti dalam pengembangan budidaya ikan black molly.

2. Pemindahan Benih Ke Tempat Lebih Baik

Pemindahan Benih Ikan Black Molly Ke Tempat Lebih Baik
bukalapak.com

Jika waktu pemijahan telah usai, cara budidaya ikan black molly selanjutnya adalah memisahkan indukan dengan benih ikan. Alasan melakukan  pemindahan benih yaitu untuk mengantisipasi sifat kanibalisme indukan black molly yang akan memakan anaknya sendiri. Berikut ini cara melakukan pemindahan ke media yang sudah tersedia.

  • Gunakan jaring ukuran kecil agar bibit ikan mudah dipindahkan. Dengan menangkap menggunakan jaring yang kecil maka ikan black molly akhirnya pindah ke media baru.
  • Semua benih ikan dimasukkan ke dalam media yang tersedia. Jangan sisakan benih ikan satupun di tempat yang sebelumnya.
  • Untuk indukan bisa dipisahkan ke media yang lainnya yang berbeda dengan media penampungan benih ikan black molly.
  • Untuk mengulangi kembali bisa dengan melakukan pemijahan. Waktu untuk pemijahan berikutnya ditunggu setelah beberapa bulan.

Baca Juga: Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Penggunaan Media

Penggunaan Media Budidaya Ikan Molly
youtube.com

Dalam melakukan pemeliharaan ikan black molly tentu dibutuhkan media sebagai tempat tinggal ikan. Sebelumnya tentukan terlebih dahulu lokasi mana yang akan dipilih.

Letakkan media pemeliharaan ikan di luar ruangan atau dalam ruangan. Pemilihan lokasi tersebut harus yang bisa dipantau agar memudahkan untuk merawatnya. Beberapa media dan cara budidaya ikan black molly yang bisa digunakan yaitu,

  • Aquarium, berbagai macam varian aquarium dari mulai ukuran dan modelnya bisa dipilih sesuai selera masing-masing. Untuk meletakkan aquarium pun disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Letakkan di ruang tamu untuk mempercantik ruangan. Aquarium juga bisa diletakkan di teras rumah. Karena sifat aquarium ini termasuk property mempercantik sebuah ruangan.
  • Kolam Kecil bisa dijadikan tempat budidaya ikan black molly, jika memiliki banyak ikan black molly maka pilihan kolam bisa digunakan. Sediakan sanitasi air yang bersih dan bisa dipantau sewaktu-waktu.
  • Black Molly ini meruapan ikan hias yang mini. Maka sudah saatnya menjadikan black molly bernilai estetika tinggi, coba letakkan black molly ke dalam gelas yang berbentuk unik dan besar. Jadilah hiasan ikan yang menarik dan cantik untuk di letakkan di meja sebagai pemanis interior rumah.
  • Tentunya toples kaca juga bisa menjadi tempat untuk si black molly tinggal. Dengan memasukkan ikan tersebut ke dalam toples kaca dan diletakkan di tempat yang tepat tentu akan menambah nilai keindahan tersendiri dan terasa sejuk dilihat oleh mata.
BACA JUGA  Cara Budidaya Keong Mas di Kolam Terpal

Adanya media sebagai tempat tinggal ikan black molly tentu harus diperhatikan kebersihan dan perawatannya. Yang terpenting dari media yang sudah diatur ditempatkan di beberapa lokasi waktu menambah keindahan dan kenyamanan ruangan.

Perawatan Ikan

Perawatan Ikan Black Molly

Cara budidaya ikan black molly yang terakhir dilakukan adalah dengan melakukan perawatan ikan. Dilakukan perawatan dengan fungsi agar ikan black molly selalu dalam kondisi prima, serta mampu bertahan lebih lama.

Black molly ini sangat mudah dirawat yaitu dengan pemberian makanan secara rutin serta merawat kebersihan media tinggal ikan. Ikan black molly akan terlihat sehat.

  • Berikan waktu penyesuaian diri pada ikan dengan lingkungan yang baru. Beri waktu sekitar 5 hari setelah dilakukannya pemindahan dari media bersama indukan dengan media yang baru. Jika sudah melewati 5 hari, berikan makanan berupa kutu air yang tentunya sudah disaring terlebih dahulu.
  • Dalam waktu 5 hari tersebut benih ikan black molly masih menyimpan cadangan makanan yang ada pada tubuhnya, yaitu sebuah kantung kuning. Itulah nutrisi cadangan yang ternyata dimiliki black molly untuk bertahan.
  • Setelah melewati masa 3 hari, benih tersebut baru menjadi bibit. Berikan makanan kepada black molly, selain kutu air coba beri kuning telur yang sudah dihaluskan.
  • Lihatlah ukuran ikan, jika sudah mencapai 2 hingga 3 cm maka berikan makanan berupa pakan ikan. Tentunya dalam pakan ikan tersebut mengandung nutrisi yang lengkap seperti protein, mineral, vitamin, lemak dan kalori.
  • Akhirnya ikan black molly menjelma menjadi bibit ikan yang telah sukses dibudidayakan. Mewujudkan hasil kualitas bibit black molly yang tak diragukan lagi.
  • Utamakan kebersihan air, sering cek sanitasi air, saringan dan ganti air setidaknya 3 hari sekali. Dengan mennganti air dan merawat kebersihan tempat black molly tentu ikan akan jauh dari penyakit.

Perawatan ikan memang harus dilakukan dengan ulet, sabar dan teliti. Karena ikan sangat sensitif terhadap penyakit. Apalagi jika keadaan tempat yang ditinggali begitu kotor. Maka lama kelamaan akan memperburuk kondisi ikan.

Dengan memperhatikan segala aspek yang mempengaruhi cara budidaya ikan black molly ini, maka para pengkolektor ikan bisa membudidayakan ikan tersebut dengan lebih baik lagi. Bahkan bisa menjadi ladang bisnis ikan hias di pasaran.

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *