Cara Menanam Eceng Gondok

Posted on

Cara Menanam Eceng Gondok – Eceng Gondok adalah salah satu tanaman air dan tumbuhnya terapung di air. Cara menanam eceng gondok sangatlah mudah sekali.

Awalnya adalah sebagai penjernih air saja, dan enceng godok banyak didapat saat melakukan pembersihan sungai. Sering disebut gerebek sampah yang diadakan bersama Dinas Lingkungan di wilayah Cilincing serta Kelapa Gading.

Sebelum melangkah kebagian cara menanam eceng gondok ada baiknya memahami terlebih dulu manfaat dan fungsi dari tanaman ini. Sehingga bila sudah mengetahui manfaatnya akan menjadi lebih tergerak dan lebih bersemangat untuk mencari tahu lebih dalam lagi ilmu menanam tanaman eceng godok.

Manfaat Menanam Enceng Gondok

Manfaat Menanam Enceng Gondok
bukalapak.com

Manfaat eceng gondok untuk kesehatan di antaranya adalah untuk menjaga stamina atau kesehatan, mengobati penyakit eksim, penawar dari gigitan ular berbisa.

Eceng gondok juga dimanfaatkan untuk penyembuhan bagi yang terkena sakit kolera, juga untuk memperlancarkan pencernaan. Menjaga kesehatan limpa, mengatasi diare, mual, cacing perut maupun perut kembung dan dapat mengontrol kolesterol dalam darah.

Di Indonesia sendiri manfaat eceng gondok di wilayah Jawa Tengah, terutama yang berasal dari Rawa Pening utamanya untuk dibuat kerajinan tangan.

Contohnya anyaman berbahan dasar eceng gondok dan  anyaman inilah kemudian dimanfaatkan untuk beberapa bentuk kerajinan. Tikar, tas, kap lampu, keranjang, sandal, sepatu tempat tisue, anyaman pada meja maupun kursi dan lain sebagainya.

Saat ini Pemerintah kota Jakarta Utara pada khususnya mulai merintis untuk memanfaatkan eceng gondok sebagai penjernih air karena dengan adanya eceng gondok maka aliran sungai tampak lebih jernih dan bersih dibandingkan dengan yang tidak ditumbuhi eceng gondok.

Berikut beberapa alat, bahan yang perlu dipersiapkan dan cara menanam eceng gondok menggunakan media pot dan kolam:

Alat dan Bahan Yang Disiapkan Untuk Menanam Eceng Gondok

Alat dan Bahan Yang Disiapkan Untuk Menanam Eceng Gondok
kompasiana.com

Tak ada peralatan khusus yang perlu dipersiapkan sebenarnya. Hanya beberapa bahan yang sangat mudah didapatkan, diantaranya yaitu bibit eceng gondok, air bersih, pasir halus, tanah liat, bebatuan kecil atau remahan batu bata, pot dan kolam.

BACA JUGA  Cara Menanam Cherry

Pupuk boleh dipersiapkan tapi tidak begitu menjadi hal yang wajib, karena tanpa pupuk eceng gondok tetaplah bisa hidup.

Tata Cara Menanam Eceng Gondok Pada Pot

Tata Cara Menanam Eceng Gondok Pada Pot
intipmanfaat-blogspot.com

Setelah mengetahui manfaat dan fungsi dari tanaman eceng gondok, mulailah masuk ke pembahasan cara menanam eceng gondok. Tanaman eceng gondok hidup di air maka tanaman ini tidak membutuhkan banyak tanah seperti pada umumnya tanaman biasa.

Cukup bermodalkan dengan air bersih dengan pasir, tanah liat, dan bebatuan untuk didasar pot maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur dan cepat. Berikut beberapa langkah dalam proses menanam eceng gondok menggunakan media pot dengan  mudah:

1. Memilih Bibit

Awal wajib memilih bibit eceng gondok meskipun pada umumnya eceng gondok satu sama lainnya sama, tetapi tidak ada salahnya memilih eceng gondok yang sehat dan bagus. Pemilihan bibit yang bagus akan berpengaruh pada hasil dikemudian hari kelak.

2. Media yang Digunakan Pot

Cara menanam eceng gondok dapat menggunakan media pot, sebagai tanaman hias yang berfungsi untuk menambah keindahan taman atau meja.

Sedianya eceng gondok yang ditanam di pot yang besar menggunakan air bersih dan jernih untuk mempercantik taman. Pot yang harus disediakan sebaiknya tidak berlubang dan diameter pot jangan terlalu kecil karena tanaman ini sangat cepat berkembang biaknya.

Apabila pot yang digunakan kecil biasa untuk menghias meja, maka ada cara penanamannya agar air yang berada dipot tidak tumpah.

Dengan tidak memberi air terlalu banyak adalah alternatif yang perlu digunakan. Media pot yang kecil untuk tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat tidaklah disarankan, tetapi boleh dicoba. Akarnya yang cepat tumbuh akan mendesak dan terjadilah air tumpah.

3. Menanam Eceng Gondok

Aturan yang perlu dipersiapkan pada saat hendak menanam eceng gondok di pot besar untuk taman. Isilah dengan sedikit pasir, tanah liat dan bebatuan agar akar bisa mengikatkan diri ke batu-batu kecil sehingga tidak terbalik posisi eceng gondoknya.

Cukup kira-kira saja seberapa banyak pasir, tanah liat dan bebatuannya, semua tinggal disesuaikan dengan media besar kecilnya pot tersebut.

Apabila menggunakan pot yang terbuat dari kaca maka tidak perlu diberi pasir dan tanah. Penampakan tanah dan pasir akan membuat bagian pot terlihat keruh.

Cukup gunakan remahan batu bata atau kerikil sebagai media menanam pada pot kaca agar nampak lebih indah dan cantik. Jangan lupa untuk menambahkan air bila remahan batu bata dan kerikil sudah dimasukkan.

BACA JUGA  Cara Menanam Mangga

Setelah mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya cara menanam eceng gondok yaitu memasukkan bibit yang pada awal persiapannya sudah dipilih.

Masukkan pada media pot yang sudah dipersiapkan. Bersihkan secara berkala bagian luar pot untuk hiasan meja, sedangkan tanamannya cukup dicek ketersediaan air.

Media penanaman dengan pot wajiblah dijaga tingkat kepadatannya karena bila terlalu padat tanaman yang ada didalam pot ini tak akan bisa tumbuh dengan sempurna. Pisahkan beberapa tanaman tersebut bila ingin membudidayakannya, maka tanaman ini akan dengan cepat berkembang biak.

Cara Menanam Eceng Godok dengan Media Kolam

Cara Menanam Eceng Godok dengan Media Kolam
steemkr.com

Eceng gondok dapat pula ditanam di kolam, sedianya eceng gondok yang ditanam di kolam juga menggunakan air bersih. Cara penanamannya di kolam pun juga hampir sama dengan yang dibahas diatas, hanya medianya saja yang berbeda. Berikut cara menanam eceng gondok dengan menggunakan media kolam:

1. Memilih Bibit

Eceng gondok terdapat dua jenis yaitu yang hidup dipersawahan dan sungai, semuanya bisa dibudidayakan. Tinggal ditentukan lebih menyukai yang berasal dari mana, karena pada umumnya sama.

2. Media yang Digunakan

Apabila menggunakan media kolam maka kolam yang harus dipersiapkan sebaiknya yang tidak mempunyai lubang agar air tidak keluar. Buatlah kedalaman kolam kurang lebih 80cm kemudian plester dengan semen disekeliling kolam agar air tidak merembes keluar kolam. luasannya kolam bisa disesuaikan dengan lahan yang dipunyai dan boleh mau dibuat seluas apapun.

3. Langkah Menanam

Perlu persiapkan pada saat hendak menanam eceng gondok yaitu kolam yang diisi dengan pasir halus dengan ketebalan kurang lebih 35cm. Setelah pasir berada dibagian dasar maka bagian atasnya mulai diberikan tanah liat dengan ketebalan kurang lebih 10cm. Diharapkan campuran dari kedua bahan ini akan menjadi lumpur.

Artikel Lain: Cara Menanam Kamboja

Tambahkan air bersih dan biarkan terlebih dulu mengendap bila pasir naik pada saat pengisian air. Pemberian pupuk sebaiknya diberikan dalam waktu 30 hari sekali. Tidak perlu terlalu sering juga, karena tanpa pupukpun tanaman ini sudah dapat tumbuh dengan subur dan berkembang biak dengan sangat cepatnya.

Setelah mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya cara menanam eceng gondok yaitu memasukkan bibit yang pada awal persiapannya sudah dipilih.

Masukkan pada media kolam yang sudah dipersiapkan. Pada dasarnya tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang cukup ekstra. Tanaman ini cukup mampu dan bisa merawat dirinya sendiri.

BACA JUGA  Cara Menanam Kacang Panjang

Hanya saja apabila hendak membatasi kembang biaknya dari tanaman eceng gondok ini, cukup bentangkan tali kurang lebih setinggi 5cm diatas permukaan air.

Tali yang membentang tersebut sudah cukup sebagai penghalau agar eceng gondok ini tidak berkembang ke bagian wilayah yang lain. Cukup jelas bukan cara menanam eceng gondok dengan berbagai media.

Selain untuk mengurangi kandungan logam berat, enceng gondok bagus juga untuk membersihkan air dari kegiatan yang dihasilkan oleh sektor pertanian dan manufactur seperti limbah pabrik maupun pestisida.

Dibandingkan dengan kerugian yang ditimbulkan oleh eceng gondok, ternyata manfaatnya lebih besar. Sehingga akhir-akhir ini eceng gondok ditanam untuk diambil manfaat sebesar-besarnya.

Video Eceng Gondok di Kolam Koi


Demikian beberapa langkah mudah cara menanam eceng gondok. Tak diperlukan alat dan bahan yang sulit dan mahal, cukup dengan segala sesuatu yang ada disekitar. Selain mudah penanamannya, manfaat yang didapatpun juga sangat bagus. Perawatannya juga tidak begitu rumit dan susah. Bagi pecinta lingkungan hal ini sangatlah bagus untuk dikembangkan, sekian semoga bermanfaat.

Cara Menanam Eceng Gondok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *