Cara Menanam Kecambah dengan Kapas

Cara Menanam Kecambah dengan Kapas – Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar pasti pernah untuk membuat dan mempraktekkan untuk menanam kecambah. Supaya mengetahui bagaimana suatu tanaman tersebut tumbuh dan bisa untuk dibuat laporan. Saat itu, kecambah dipilih karena harganya yang murah meriah.

Walaupun begitu, jangan pernah meremehkan kecambah yang memiliki sejuta manfaat. Sehingga, kecambah ini bisa dijadikan salah satu peluang untuk berwirausaha. Oleh karena itu, artikel dibawah ini akan membahas cara menanam kecambah dengan kapas yang murah meriah.

Cara Menanam Kecambah dengan Kapas

cara menanam kecambah kacang hijau dengan kapas
berkebun106.blogspot.com

Seperti yang sudah diketahui pada bagian pembuka bahwa kecambah juga memiliki peluang untuk berbisnis. Maka, dibawah ini akan membahas cara menanam kecambah dengan kapas. Tentunya dengan modal yang murah meriah dan minim kerugian. Jadi mari disimak penjelasan dibawah ini.

1. Persiapkan Media Untuk Menanam Biji Kacang Hijau

bagaimana cara menanam kecambah
risarismaya.blogspot.com

Hal pertama yang wajib untuk dilakukan ialah menyiapkan media untuk menanam biji kacang hijau supaya menjadi kecambah yang siap dijual. Yang pertama tentunya wadah atau tempat atau media yang bisa digunakan untuk menampung biji kacang hijau ketika ditanam.

Kedua media yang digunakan kapas, kapas yang digunakan bisa bebas. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan kapas kecantikkan yang banyak tersedia pada swalayan-swalayan terdekat yang berada di dekat rumah. Terakhir tentu saja biji kacang hijau yang berkualitas baik.

Dengan memilih biji kacang hijau dengan kualitas terbaik juga bisa membuat hasil panen nantinya juga baik bahkan memiliki kualitas unggulan. Jangan lupakan juga air yang merupakan sumber kehidupan bagi si tanaman kecambah.

2. Pemilihan Bibit yang Berkualitas Tinggi

cara menanam toge atau kecambah
sayurankita.com

Dalam proses pemilihan bibit ini merupakan bagian yang sangat penting untuk menghasilkan kecambah yang berkualitas tinggi. Tetapi, sangat disayangkan pemilihan bibit kecambah ini tidak bisa dilihat dari keadaan masih menjadi biji kecambah.

Yang bisa dipastikan ialah biji kecambah tersebut masih utuh berbentuk bulat dengan ada garis pada bagian atasnya. Saat sudah tumbuh kecambah tersebut masa pertumbuhannya seragam serta tumbuhnya serabut akar membuat kecambah dengan kokoh berdiri tegak.

Tanaman kecambah juga mampu beradaptasi dengan adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrim di waktu-waktu tertentu. Sehingga, ketika tanaman kecambah yang dimiliki telah memenuhi kriteria diatas. Bisa dinyatakan bahwa kecambah kacang hijau tersebut memiliki kualitas yang baik dan unggul.

3. Penebaran Biji Kacang Hijau Pada Media Tanam

cara menanam bibit kecambah
darunnajah.com

Setelah mengetahui media yang digunakan serta cara pemilihan bibit berupa biji kacang hijau yang berkualitas. Cara menanam kecambah dengan kapas selanjutnya ialah menebarkan biji kacang hijau pada media tanam yang telah disiapkan.

Kapas yang telah disediakan tersebut dibasahi dengan sedikit air secara menyeluruh dan diletakkan pada dasar wadah. Kemudian biji kacang hijau tersebut disebarkan secara merata pada media tanam. Usahakan tidak ada biji kecambah yang bertumpuk.

Apabila ada biji kacang hijau yang bertumpuk bisa sedikit mengganggu perkembangan pertumbuhan si kecambah. Jadi sebisa mungkin ketika menyebarkan biji kacang hijau sebisa mungkin untuk diatur jaraknya antar biji kecambah kacang hijau.

4. Pemberian Air Secara Cukup

cara menanam kecambah tauge
estinsapen.wordpress.com

Pemberian air pada kecambah ini tidak perlu terlalu banyak usaha pemberian airnya secukupnya. Tanda kecambah telah cukup air bahwa kapas yang dijadikan medianya telah basah. Pastikan jangan terlalu basah hingga menggenang karena kecambah bisa saja mati karena kelebihan air.

Pemberian air ini juga tidak bisa dipastikan semisal pagi dan sore hari. Apabila media kapas tersebut masih basah dan menyimpan banyak cadangan air maka tidak perlu diberi air lagi. Tunggu hingga kapas tersebut sedikit mengering dan berikan air secukupnya saja.

5. Masuk Kedalam Proses Panen Kecambah

proses menanam kecambah
paktanidigital.com

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam menanam kecambah kacang hijau. Tahapan terakhir masuk kedalam proses panen kecambah yang paling dinantikan. Panen kecambah ini sebenarnya terdapat dua kali panen. Tergantung mau menjual kecambahnya dalam ukuran seberapa.

Apabila ingin panen kecambah ukuran yang kecil biasa digunakan untuk tambahan rawon bisa dipanen dalam jangka waktu 1 minggu. Sedangkan kecambah yang sedikit lebih panjang yang biasa digunakan untuk pecel. Dapat dipanen dalam jangka waktu 14 hari atau 2 minggu.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Lavender

Kesalahan Ketika Menanam Kecambah

cara menanam kacang hijau menjadi kecambah
ninghendro.wordpress.com

Mengetahui peluang dan cara menanam kecambah dengan kapas yang bermodalkan murah meriah memang mengasikkan. Tetapi, kenyataannya di lapangan juga pasti menemui kendala atau kesalahan yang sering terjadi ketika menanam kecambah. Jadi dibawah ini akan membahas kesalahan yang terjadi di lapangan.

1. Terlalu Banyak Air Pada Kapas

Sudah sedikit disinggung pada pembahasan diatas. Memang benar adanya bahwa kecambah kacang hijau ini tidak bisa terlalu banyak terkena air. Bahkan ketika banyak air yang menggenang tentu itu juga tidak baik bagi perkembangan si kecambah.

Kecambah itu ketika terlalu banyak asupan air yang diterima bisa membusuk. Kemudian akan berujung mati dan bisa menimbulkan kerugian dan gagal panen kecambah. Sangat disayangkan bukan ketika berujung gagal panen jadi harus rajin untuk mengecek kandungan air pada kapas.

2. Sinar Matahari Langsung Terkena Tanaman Cambah

Secara harfiah tanaman memang memerlukan sinar matahari untuk membantu tanaman berfotosintesis. Namun, walaupun sinar matahari baik bagi pertumbuhan tanaman kecambah juga bisa berakibat fatal. Hal tersebut terjadi karena sinar matahari langsung terkena tanaman cambah.

Dan sinar matahari langsung tersebut juga terkena setiap hari. Menjadikan tanaman cambah tersebut mengakibatkan kekurangan air dan bisa-bisa tanaman hangus karena sinar matahari langsung. Jadi sinar matahari yang berlebih juga tidak baik bagi tanaman kecambah kacang hijau.

3. Tumbuh Perkembangan Kecambah Tidak Seragam

Ketika tanaman kecambah ditanam secara bersamaan tetapi pertumbuhan kecambah tidak seragam ini juga kesalahan dalam menanam kecambah. Tetapi, hal tersebut terjadi juga bisa disebabkan beberapa faktor yang bisa mengakibatkan si tanaman berkembang tidak seragam.

Faktor pertama karena kualitas bibit yang didapatkan memang tidak bagus untuk dilakukan penanaman. Sedangkan faktor kedua karena kurangnya nutrisi yang didapatkan oleh setiap tanaman. Atau bahkan karena jarak antar biji kacang hijau yang terlalu berdempetan.

4. Penebaran Biji Kacang Hijau Tidak Merata

Kesalahan dalam penanaman kecambah kacang hijau yang terakhir, yaitu penebaran biji kacang hijau yang tidak merata. Atau bisa dibilang jarak antara satu biji dengan biji lainnya tidak teratur. Sehingga bisa mengakibatkan tanaman kecambah tumbuhnya bisa tidak seragam tingginya.

Apabila tanaman kecambah yang ditanam terlalu dempet juga tidak baik bagi pertumbuhannya. Karena ketika mulai tumbuh akar bisa berebutan mengambil air dan nutrisi yang diserap tidak seragam. Jadi usahakan ketika menanam di awal harus memperkirakan juga jarak antar biji kecambah nantinya.

Hal terburuk yang bisa terjadi ialah salah satu tumbuhan kecambah mati dan tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik. Pada awal penebaran biji kecambah kacang hijau yang merata juga bisa mempengaruhi hasil panen yang akan datang.

Sekian pembahasan mengenai cara menanam kecambah dengan kapas yang murah meriah. Setelah mengetahui cara menanamnya dan beberapa kesalahan yang sering terjadi jangan lupa untuk bekerja sama dengan pedagang. Agar kecambah tersebut bisa didistribusikan atau dijual ke pasar.

Cara Menanam Kecambah dengan Kapas

Categories Menanam

Leave a Comment