Jenis Pupuk Perangsang Buah Mangga

Posted on

Jenis Pupuk Perangsang Buah Mangga – Buah-buahan membutuhkan perangsang supaya cepat besar. Salah satunya adalah buah mangga. Untuk buah jenis ini, perangsangnya bisa melalui pupuk. Namun jangan asal pupuk melainkan pupuk khusus. Nah di artikel berikut akan dijelaskan jenis pupuk perangsang buah mangga yang bagus.

Keistimewaan Pohon Mangga

manfaat dari buah mangga
anaturalfarm.com

Pohon mangga adalah jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain tidak memilih tanah dan tahan cuaca, perawatan tanaman ini juga mudah.

Apalagi jika yang ditanam adalah pohon mangga jenis cangkokan. Selain itu, pohon mangga sendiri banyak varietas-nya dengan aroma dan rasa yang juga beragam. Sehingga cita rasanya lebih nikmat serta memiliki daya jual yang cukup tinggi.

Ini pula yang menjadi alasan mengapa di Indonesia penanaman pohon mangga begitu digalakkan. Mungkin yang menjadi kendala adalah pohon ini agak lama berbuah.

Jangankan yang dari biji, yang cangkokan sekalipun bisa menunggu hingga tahunan. Maka dari itu, diperlukan perangsang buah agar mangga cepat besar yang salah satunya dengan memberikan pupuk yang tepat.

Jenis Pupuk Perangsang Buah Mangga

jenis pupuk untuk tanaman mangga
mnfsb.com.my

Sudah dijelaskan di atas kalau pohon mangga bisa dirangsang dengan pupuk agar cepat berbuah. Namun bukan sembarang pupuk melainkan yang memang khas. Ini dia jenis pupuk perangsang buah mangga yang dimaksud:

1. Pupuk Kandang

jenis pupuk kandang untuk tanaman mangga
phys.org/

Pupuk perangsang buah mangga yang pertama adalah pupuk kandang. Sebuah jenis pupuk yang bahannya diambil dari kotoran hewan seperti sapi, kambing dan ayam.

Bisa dibilang pupuk kandang adalah pupuk alami yang sistem pengolahannya juga natural dan tradisional. Pupuk ini dianggap bisa mempercepat tanaman mangga berbuah. Karena di dalam pupuk terdapat unsur hara yang cukup tinggi.

Selain itu, pupuk kandang juga mengandung banyak senyawa yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Di antaranya adalah nitrogen, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, natrium, belerang, besi dan tembaga.

Pupuk kandang diterapkan pada pohon mangga ketika usianya sudah mencapai satu minggu pasca panen buah. Lebih baik lagi jika dilakukan pengomposan terlebih dahulu supaya perkembangan tanaman lebih cepat.

2. Pupuk Kompos

jenis pupuk kompos untuk tumbuhan mangga
source.colostate.edu

Pupuk untuk perangsang buah mangga yang selanjutnya adalah pupuk kompos. Ini juga pupuk khusus yang diolah dari sisa bahan organik yang sudah melalui proses pengendapan (fermentasi).

BACA JUGA  Cara Membuat Pagar Bambu Untuk Kebun

Namun tidak semua pupuk kompos berkualitas tinggi. Tidak jarang ada juga kompos yang justru merusak tanaman jika salah dalam aplikasinya. Pupuk kompos yang baik adalah yang suhunya tidak sampai 400 derajat celcius. Jika lebih dari ukuran tersebut lebih baik tidak usah digunakan untuk tanaman.

Jika pupuk kompos sudah mencapai ukuran suhu tersebut berarti fermentasi-nya berhasil. Pupuk sudah matang dan sudah bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan pohon mangga.

Untuk aplikasi pupuk kompos khususnya bagi pohon mangga sangat mudah. Karena tinggal ditaburkan saja di sekeliling tanaman. Pastikan jarak taburnya tidak terlalu dekat karena efeknya tidak akan maksimal.

Pupuk kompos tidak hanya mampu merangsang pohon mangga agar cepat berbuah saja. Tetapi juga ada manfaat lainnya, yang di antaranya adalah bisa menggemburkan tanah.

Selain itu pupuk ini juga memperkuat daya tahan akar dari hama dan penyakit. Karena jika pemupukannya tepat, daya serap air pada akar semakin bagus dan maksimal.

3. Pupuk Hijau

jenis pupuk hijau untuk buah mangga
thegrassseedstore.co.uk

Pupuk hijau adalah jenis pupuk yang sering digunakan untuk merawat tanaman. Termasuk untuk mempercepat pohon mangga berbuah. Sejatinya pupuk ini terdengar asing dan tak lumrah.

Karena yang populer adalah pupuk kandang dan kompos. Padahal petani terdahulu sudah sering menggunakannya. Pupuk Hijau adalah pupuk yang bahannya diambil dari sisa panen tanaman hijau. Semua tanaman hijau sejatinya bisa dijadikan pupuk hijau.

Namun yang paling bagus adalah sisa tanaman hijau legume yang dianggap memiliki unsur hara paling tinggi dibandingkan tanaman hijau yang lain. Selain itu tanaman jenis legume seperti lamtoro, turi dan orok-orok mudah diolah menjadi pupuk.

Biasanya petani tradisional jaman dulu mengolahnya secara manual tanpa mesin jenis apapun. Sedangkan ciri-ciri tanaman hijau jenis legume adalah memiliki tekstur batang yang berbulu.

Maka dari itu, biasanya tanaman jenis ini tidak begitu disukai oleh bintang ternak. Salah satu keunggulan pupuk tanaman hijau (legume) adalah mampu memperbaiki kimia tanah.

Tak hanya itu unsur fisik dan biologi tanah juga bisa bekerja dengan baik akibat pupuk ini. Koordinasi inilah yang membuat pertumbuhan pohon mangga lebih pesat. Untuk pengaplikasiannya silakan benamkan pupuk ke dalam tanah. Lakukan ketika baru proses pengolahan lahan untuk penanaman pohon mangga.

4.  Pupuk NPK

alibaba.com

Jenis pupuk perangsang buah mangga yang selanjutnya adalah NPK.  Pupuk ini memang dikenal sebagai vitamin yang membantu menggemburkan tanah. Sekadar saran lebih baik gunakan NPK yang cair daripada yang padat. Karena kerjanya lebih maksimal.

BACA JUGA  Cara Pemupukan Cengkeh Dewasa

Pupuk NPK mengandung senyawa yang bagus untuk kimia dan sifat tanah. Di antaranya adalah nitrogen, kalium dan fosfor. Selain itu menurut peneliti pupuk jenis ini juga mengandung unsur hara yang cukup tinggi.

Sejatinya pupuk ini bisa dibuat sendiri. Petani konvensional juga banyak yang membuatnya untuk tanaman mereka. Namun jika tidak ingin repot, silakan dibeli saja di toko alat-alat pertanian setempat.

Selain ukuran kadarnya lebih pas juga tidak merepotkan karena tinggal dipasang saja. Jika memiliki budget lebih banyak silakan beli pupuk NPK yang kandungan senyawanya ditambah magnesium dan kalsium. Ini biasanya terdapat pada NPK jenis cair yang juga disebut NPK Phonska.

Salah satu manfaat pupuk NPK adalah untuk mempercepat metabolisme tanaman. Termasuk di dalamnya merangsang tumbuhnya bunga. Pupuk ini juga mencegah bakal buah rontok sehingga panen jauh lebih besar. Maka dari itu, pupuk NPK bagus untuk pohon mangga.

5. Pupuk ZA

jenis pupuk za untuk tumbuhan mangga
petrosida-gresik.com

Pupuk ZA merupakan pupuk alternatif jika tidak ingin menggunakan pupuk urea. Karena di dalamnya juga mengandung belerang dan nitrogen dengan persentase mencapai 24% dan 21%.

Pupuk ZA sering digunakan sebagai pupuk dasar. Kadang juga dipakai sebagai pupuk susulan untuk semua jenis tanaman. Sedangkan untuk perangsang buah mangga silakan jadikan pupuk dasar saja.

Baca Juga: Manfaat Pupuk ZA

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, silakan padukan pupuk ZA dengan jenis pupuk yang lain. Di antaranya dengan pupuk NPK. Namun kadar campurannya harus tepat. Biasanya yang sering digunakan untuk 3 kg NPK yang dibutuhkan hanya 0,5 kg pupuk ZA saja.

Untuk aplikasiannya silakan taburkan pupuk secara melingkar di sekeliling pohon mangga. Pastikan jaraknya harus ideal. Minimal 1,5 km dari pohon untuk mencegah akar kepanasan. Selain itu, supaya proses penyerapan air tidak terhambat.

Jangan lupa setelah dilakukan pemupukan, rawat pohon mangga dengan maksimal. Seperti membasmi gulma dan dilakukan penyiraman yang teratur. Karena ini juga mendukung pertumbuhan pohon dengan cepat.

Demikian beberapa jenis pupuk perangsang buah mangga yang paling cepat dan mudah dibuat. Silakan dipilih yang sekiranya aman dan cocok dengan jenis mangga yang ditanam. Selain itu, pastikan pula sesuai dengan budget jika ingin membelinya dari toko pertanian setempat.

Jenis Pupuk Perangsang Buah Mangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *