trikmerawat.com

Cara Menanam Bunga Puring

Posted on

Cara Menanam Bunga Puring – Bunga puring adalah salah satu jenis bunga yang paling banyak diincar oleh masyarakat sebagai penghias perkarangan rumah. Dimana, banyak masyarakat Indonesia mencari tahu cara menanam bunga puring. Indonesia mengenal jenis tanaman puring ini dengan nama ilmiah Codiaeum variegatum.

Dari sejarahnya sendiri, bunga ini berasal dari daerah Maluku dan biasanya sering digunakan sebagai bunga pagar dan bunga kuburan. Kesukaan masyarakat terhadap bunga ini, karena memiliki bentuk dan warna daunnya yang sangat indah dengan corak warna yang beraneka macam.

Jika dilihat morfologinya, bunga ini memiliki bentuk bulat, panjang, lebar, dan mirip seperti pesawat dan burung. Di mana bunga ini memiliki banyak warna seperti hijau pekat, orange, kuning, merah, dan ungu.

Morfologi dan Klasifikasi Bunga Puring

cara penanaman bunga puring
id.wikipedia.org/wiki/Puring

Bentuk morfologi pada bunga puring adalah memiliki bentuk daun yang unik, dan biasanya adalah spiral serta mirip seperti bentuk dasi bahkan ada juga yang mirip dengan jengkol.

Tidak hanya itu, sebagian besar yang berwarna hijau pekat mirip dengan apel. Sementara itu, pada batangnya sendiri memiliki bentuk yang hanya tunggal dan jarang berabang.

Pada alam sektiara bunga ini tumbuh pada ketinggian 5 meter dan bisa diperbanyak dengan cara di stek atau cangkok. Untuk bunganya sendiri, biasanya muncul di antara pucuk tanaman tersebut.

Dimana, terjadi saat bunga sebelum mekar dan helai pada bunganya tersebut berwarna indah. Dapat dilihat dengan kelopaknya berjumlah lima, dan akarnya adalah serabut.

Pada klassifikasinya sendiri, bunga puring ini adalah jens bunga-bungaan yang  termasuk kepada kingdom plantae, divisi dari bunga puring tersebut bernama magnoliophyta.

Sedangkan kelasnya adalah rosopsida, ordonya bernama euphorbiales, family pada bunga puring ini bernama euphorbiaceae dan genus pada bunga puring ini bernama codiaenum. Kemudina, spesies bunga ini bernama codiaenuum variegatum.

BACA JUGA  Cara Menanam Bawang Putih

Macam – Macam Bunga Puring di Indonesia

cara tanam bunga puring
bukalapak.com

Bunga puring adalah jenis bunga yang banyak tumbuh di daratan Indonesia. Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam bunga puring yang benar. Untuk itu terlebih dahulu harus memahami macam – macam bunga puring yang tumbuh di Indonesia agar mudah untuk dikenal, diantaranya sebagai berikut. Yaitu :

1. Puring Jet Matahari

Karakteristik utama dari bunga puring jet matahari adalah memiliki bentuk daun yang lebar dan sedikit tinggi. Dimana pada bunga puring biasanya lebih cocok untuk ditanam di sebuah pot.

Dan menjadi bunga hiasan didalam ruangan karena bentuknya yang kecil. Selain itu, warna yang dimiliki ungu dan sedikit kemerahan pada ujung daunnya.

2. Norma Merah

Keunikan pada bunga puring dengan jenis norma merah adalah memiliki bentuk batang yang dilengkapi dengan banyak tangkai.

Selain itu, pada bunga ini juga memiliki daun yang relatif muda dengan adanya bintik-bintik kuning pada sisi bagian tulang daunnya. Sementara itu, pada permukaan daun di belakangnya memiliki banyak warna hijau tua dan warna merah.

3. Puring Concord Merah

Jenis dari bunga puring terakhir yanag banyak tumbuh di Indonesia adalah jenis puring Concord Merah. Biasanya pecinta bunga menyebutnya dengan Puring Exotica dengan warna yang paling cantik dibandingkan jenis bunga puring lainnya.

Selain itu, pada saat berusia muda bunga puring ini merwarna kuning. Namun ketika tua berwarna merah dan berbentuk menjari.

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Lavender

Manfaat Menanam Bunga Puring Bagi Kesehatan

cara menanam dan merawat bunga puring
blog.tokotanaman.com

Beberapa kandungan baik yang tersimpan dalam bunga puring tidak hanya membuat bunga ini menjadi bunga hias di dalam rumah dan perkarangan rumah. Namun banyak masyarakat memperlajari cara menanam bunga puring karena bunga ini kaya manfaat luar biasa bagi kesehatan, yaitu :

1. Menyembuhkan Perut Mulas

Manfaat luar biasa dari bunga puring bagi kesehatan, adalah dapat mengobati rasa sakit perut yang sangat luar biasa, yaitu dengan cara memanfaatkan akar bunga puring dengan takaran seruas jari dicampur dengan tiga lembar daun daun dadap, setelah itu dihaluskan secara berkala sampai benar-benar melumat menjadi satu. Ini juga merupakan obat diare.

2. Mengurangi Penyakit Sifilis

Manfaat berikutnya yang terdapat pada bunga puring adalah dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat penyakit sifilis. Dimana, biasanya penyakit ini timbul di area kelamin pria ataupun wanita.

Yang bisa dimanfaatkan dari tumbuhan ini adalah dengan merebus batang bunga puring menggunakan air sebanyak lima gelas. Lalu dicampurkan dengan madu dan diminum.

BACA JUGA  Cara Menanam Sirih Merah

3. Sulit Mengeluarkan Keringat

Selanjutnya, mengapa banyak sekali individu saat ini belajar untuk memahami cara menanam bunga puring yang benar, karena pada bunga ini mempunyai manfaat dapat membantu seseorang agar mudah berkeringan dengan lancar.

Dan semua itu, dilakukan dengan cara memanfaatkan pada kelopak bunga puring tersebut, serta diseduh dengan menggunakan air yang panas.

4. Menyembuhkan Penyakit Cacingan Pada Anak

Tidak hanya mampu mentasi diare pada anak, ternyata akar dan batang pada bunga puring juga baik sekali dalam menyembuhkan penyakit cacingan yang diderita oleh seorang anak, terutama hal ini mampu menghambat pertumbuhan pada anak tersebut, sehingga cara efektif dalam mengatasi ini adalah memblender bagian dari bunga puring tersebut lalu diminumkan.

5. Mengurangi Perih Sakit Lambung

Manfaat terakhir yang terdapat pada bunga puring adalah mampu mengatasi dan mengurangi rasa sakit seperti pada lambung.

Ini dengan cara memanfaatkan bunga puring dicampur dengan daun pada bunga puring tersebut, lalu direbus kedalam air dan didiamkan dalam waktu lima belas menit. Cara ini adalah yang ampuh untuk penderita magh.

Cara Menanam Bunga Puring yang Benar

cara budidaya bunga puring
trikmerawat.com

Agar bunga puring dapat mekar dengan sempurna, maka harus diperhatikan dengan jeli dan seksama cara menanam bunga puring yang baik dan tepat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Lakukan Pembibitan Dengan Baik

Cara menanam bunga puring yang pertama adalah melakukan pembibitan dengan tepat, yaitu dengan melakukan cara menyetek pada batangnya ataupun dengan cara mencangkok.

Yaitu, dengan memilih batang bunga yang kuat dan sehat, serta lakukanlah dengan mengerok batang tersebut dengan pisau agar lendir batang keluar dan lap lendir menggunakan kain sampai hilang.

2. Tunggu Hingga Akar Muncul

Jika pembibitan dengan cara di cangkok, maka setelah tahap melakukan cangkok dengan menutup bagian tersebut menggunakan kain atau plastik yang berlubang dan diisi tanah, maka lakukan penyiraman secara rutin hingga pada akhirnya muncul akar pada bagian yang dicangkok tersebut. Jika akar telah muncul, maka bibit siap dipotong dari batang bunga.

3. Siapkan Media Tanah Yang Subur

Hal terpenting dalam menanam bunga puring adalah telah menyiapkan media tanah yang akan digunakan selama jangka waktu dua minggu sebelum proses penanaman. Lokasi dari penanaman tersebut harus bersih dari gulma dan limbah, serta jika medianya adalah pot maka tanah harus kaya akan humus hitam. Tidak hanya itu, tanah harus steril.

BACA JUGA  Cara Menanam Pare

4. Lakukan Penggemburan Tanah

Tahapan selanjutnya untuk mempraktekan cara menanam bunga puring yang benar, adalah melakukan penggemburan tanah dengan tepat.

Dimana ini berfungsi agar udara dapat masuk kedalam tanah dan membuat kelancaran pada penanaman menghasilkan hasil panen yang diinginkan. Bukan sekedar itu saja, penggemburan juga berfungsi untuk menghilangkan kerikil dan rumput liar pada tanah.

5. Campurkan Pupuk Kedalam Tanah

Agar hasilnya lebih maksimal, maka tahapan berikutnya adalah mencampurkan tanah dengan pupuk, baik itu pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos ataup pupuk NHK dan pupuk sp36.

Tujuan dari pemberian pupuk tersebut adalah agar kadar protein dan nutrisi tanah bagi pertumbuhan bunga puring menjadi lebih sehat, dengan komposisi 1:1.

6. Buat Lubang Pada Tanah

Cara menanam bunga puring pada media tanah luas adalah harus membuat lubang pada tanah tersebut dengan ukuran 5 cm sampai 10 cm. Tujuannya adalah agar puring dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan pertumbuhan akar menjadi lebih kuat dan tidak mudah tumbang jika terkena angin,dan padatkan saat menanam.

7. Penyiraman Dilakukan Dengan Rutin

Terakhir, yang harus diperhatikan dalam menanam bunga puring adalah selalu rutin saat melakukan penyiraman, hal ini karena bunga puring adalah jenis bunga yang membutuhkan kapasitas air sangat banyak, selain itu penyiraman juga bisa dilakukan saat sore hari dan jangan di siang hari. Penyiraman juga berfungsi membantu fotosintesis saat di pagi harinya.

Demikianlah informasi tentang cara menanam bunga puring yang baik dan benar tersebut, semoga dapat menjadi inspirasi bersama dalam berbisnis bunga yang mudah untuk dikembangkan dan dipelajari.

Selain indah, bunga ini juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan dan tidak hanya sekedar bunga kuburan semata. Selamat mencoba menanam bunga puring, tetap semangat!

Cara Menanam Bunga Puring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *