Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Posted on

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium – Budidaya udang air tawar banyak sekali peminatnya mengingat konsumsi udang air tawar yang terus mengalami peningkatan. Tidak heran jika banyak yang sekarang mencoba budidaya udang air tawar ini. Simak ulasan singkatnya berikut ini agar tahu cara budidaya udang air tawar di aquarium yang baik.

Budidaya Udang Air Tawar

Budidaya Udang Air Tawar
news.kkp.go.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dimana udang air tawar sekarang ini menjadi primadona di masyarakat. Banyak sekali warung-warung bahkan sampai restoran mewah yang menggunakan udang air tawar ini sebagai hidangan andalan.

Bisa dikatakan, bahwa budidaya udang air tawar  yang satu ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk jangka panjang.

Hal ini dapat dilihat dimana sekarang ini banyak sekali peminat udang air tawar tersebut, namun yang membudidayakan udang ini sedikit. Sehingga tidak heran jika harganya selalu terbilang cukup mahal jika dibanding dengan lauk yang lain.

Masyarakat di Indonesia ini masih sangat sedikit yang mengetahui udang air tawar ini cocok dijadikan bisnis. Padahal jika mau belajar cara budidaya udang air tawar di aquarium nantinya akan sangat menguntungkan. Hasil yang diperoleh bisa dibilang sangat lumayan.

Kenapa Harus di Aquarium?

Kenapa Harus di Aquarium Untuk Budidaya Air Tawar
sipendik.com

Awalnya memang budidaya udang air tawar tidak di aquarium, namun karena seringnya gagal panen yang disebabkan cuaca dan alam yang kurang mendukung, para pembudidaya pun memutar otak bagaimana caranya agar panen udang air tawar bisa bagus dan tidak terus-terusan mengalami kerugian.

Munculnya gagasan untuk melakukan budidaya udang air tawar ini di aquarium. Alasan utamanya karena aquarium mudah perawatannya. Adanya aquarium ini lebih memudahkan pembudidaya karena mengawasi jalannya budidaya udang tersebut lebih mudah. Perawatannya pun juga akhirnya lebih efektif sehingga gagal panen lebih bisa ditekan.

Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sehingga sekarang banyak pembudidaya yang menerapkan cara satu ini.

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium
animalc.home.blog

Untuk menjadi seorang pembudidaya udang air tawar di aquarium perlu beberapa ilmu yang harus dipelajarai dan diterapkan. Ulasan berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin tahu cara budidaya udang air tawar di aquarium agar bisa berhasil dan sukses.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ikan Arwana

1. Persiapan Media Budidaya (Aquarium)

Persiapan Media Budidaya Udang Air Tawar(Aquarium)
mangga-fishqua-aquarium.business.site

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media untuk budidaya udang air tawar itu sendiri yakni aquarium.

Jika tidak ingin repot silahkan membeli aquarium di toko-toko yang ada. Namun jika mau membuat sendiri juga tidak dilarang.

Ukuran aquarium untuk budidaya udang air tawar ini sendiri tidak ada patokan. Silahkan pilih ukuran apa saja, usahakan beragam ukuran agar bisa disesuaikan dengan jumlah bibit nantinya. Paling tidak 1 meter persegi untuk 10 ekor udang dengan tinggi sekitar 100 cm.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Koi

2. Pemilihan Bibit

Pemilihan Bibit Udang Air Tawar
.jurnalasia.com

Cara budidaya udang air tawar di aquarium selanjutnya adalah memilih bibit. Tentu saja yang harus digunakan adalah bibit yang berkualitas dengan produktifitas yang tinggi. Bibit yang berkualitas itu memiliki ciri seperti ini:

  • Tidak terkena hama atau penyakit
  • Warna cerah dan mengkilap
  • Aktif dan lincah
  • Ukuran yang seragam
  • Memiliki ketahanan yang baik
  • Bobotnya sekitar 0,1 sampai 0,3 gram

3. Persiapan Pakan dan Vitamin

Persiapan Pakan dan Vitamin Budidaya Air Tawar
danadesa.id

Jika sudah yakin dengan bibit yang dipilih, maka cara budidaya udang air tawar di aquarium selanjutnya adalah membeli pakan dan vitamin. Pastikan untuk membeli pakan yang memiliki kualitas bagus dan vitamin yang juga berkualitas baik.

Kedua hal ini sangat menentukan kesehatan dari udang air tawar itu sendiri. Pertumbuhan udang sangat bergantung pada makanan dan vitamin ini. Makanan dan vitamin udang air tawar yang baik adalah yang mengandung biji jagung, tepung terigu, white germ meal, ketan padi, dan rice brean.

Agar mudah belilah makanan dan vitamin udang air tawar di toko pakan ikan. Tanyakan pada penjual mana yang berkualitas dan bagus untuk budidaya udang air tawar.

4. Tahapan Budidaya

Tahapan Budidaya Udang Air Tawar
infopublik.id

Cara budidaya udang air tawar di aquarium ini harus betul-betul diperhatikan. Ini adalah ulasan tahapan budidaya. Pertama adalah membersihkan media budidaya yakni aquarium dari kotoran hingga bersih. Jika sudah isi dengan air bersih dengan pH idealnya di angka 6 sampai 7. Setelah itu cek suhu air paling tidak 26 derajat celcius.

Gunakan pompa atau aerator untuk budidaya ikan hias sebagai alat penyedia oksigen untuk si udang. Lalu masukkan paralon yang sudah dibersihkan untuk tempat persembunyian udang. Jika sudah masuk semua, biarkan beberapa hari baru masukkan benih atau bibit udangnya.

Pastikan untuk menyebarkan bibit secara merata dan tidak terlalu padat karena nantinya bisa mempengaruhi udang itu sendiri. Jika terlalu padat maka udang bisa stress berada di dalam aquarium.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ayam Hutan Hijau

5. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan Udang Air Tawar
youtube.com

Cara budidaya udang air tawar di aquarium yang baik adalah memperhatikan pemberian pakan yang benar. Pastikan untuk memberikan makan 2 kali sehari tepatnya pada pagi dan sore hari. Pagi hari berikan porsi yang lebih sedikit daripada saat pemberian pakan sore hari.

Berikan sedikit demi sedikit, tuang sedikit lalu tunggu dihabiskan si udang baru tuang lagi. Gunanya agar aquarium tidak sampai kotor. Jika memberikan langsung banyak, takutnya tidak habis dan malah mengotori aquarium.

6. Menjaga Kualitas Air

Menjaga Kualitas Air Untuk Budidaya Udang
isw.co.id

Cara budidaya udang air tawar di aquarium yang baik juga dengan memperhatikan kualitas air. Cara menjaga kualitas air agar selalu baik adalah dengan memperhatikan kebersihan air. Jika air sudah berubah warna dan berbau lakukan pergantian air segera. Kualitas air yang buruk sangat membahayakan kesehatan udang air tawar.

Saat mengganti air dalam aquarium pindahkan terlebih dahulu udang ke tempat atau wadah yang lain. Jika aquarium sudah bersih baru masukkan kembali.

7. Proses Pemijahan

Proses Pemijahan Udang Air Tawar
giantfreshwaterprawn-fish.blogspot.com

Agar proses pemijahan berjalan dengan mulus, pastikan dalam satu aquarium terdapat 1 pejantan 2 betina. Seperti itulah perbandingannya.

Untuk pemijahannya sendiri udang akan melakukannya secara alami. Jika sudah waktunya reproduksi udang akan melakukan proses perkawinan dengan sendirinya. Tanpa ada bantuan dari tangan manusia udang akan melakukan proses perkawinan.

8. Pemanenan

Pemanenan Udang Air Tawar
wwf.or.id

Setelah masa budidaya yang terbilang lama dan panjang maka selanjutnya adalah masa panen. Panen baiknya dilakukan saat udang pada umur 6 bulan. Caranya dengan mengambil udang air tawar yang dipanen pada box lalu memisahkan udang sesuai ukuran sekaligus menyortir mana yang layak jual mana yang tidak.

Nah, itu dia beberapa cara budidaya udang air tawar di aquarium yang harus diperhatikan. Kunci utamanya adalah melakukannya dengan teliti dan juga sabar. Pilihlah bibit, pakan, dan vitamin berkualitas. Lalu memperhatikan kebersihan aquarium dan air yang digunakan agar tetap terjaga sehingga budidaya bisa berjalan dengan lancar.

Bagaimana, mau mencoba untuk melakukan budidaya udang air tawar di aquarium? Selain mudah dan murah, budidaya satu ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan di rumah yang menjanjikan. tidak ada salahnya bukan menambah pemasukan dengan cara satu ini. Kuncinya agar sukses menjalankan bisnis ini adalah ulet dan telaten. Selamat mencoba!

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *