Budidaya Jamur Tiram dari Ampas Kopi

Budidaya Jamur Tiram dari Ampas Kopi – Pasti menyenangkan, jika setiap hari kita bisa mengonsumsi jamur tiram tanpa perlu membelinya di pasar.

Mencoba Budidaya Jamur Tiram Dari Ampas Kopi? Kenapa Tidak!

Mencoba Budidaya Jamur Tiram Dari Ampas Kopi? Kenapa Tidak!
thetanjungpuratimes.com

Salah satu cara budidaya jamur tiram yang sedang tren adalah budidaya jamur tiram dari ampas kopi.

Keuntungan Budidaya Jamur Tiram dengan Menggunakan Ampas Kopi

Keuntungan Budidaya Jamur Tiram dengan Menggunakan Ampas Kopi
thetanjungpuratimes.com

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan budidaya jamur tiram dengan menggunakan ampas kopi, antara lain:

1. Tidak Perlu Melakukan Sterilisasi

Budidaya jamur tiram memerlukan serbuk kayu untuk media berkembangbiak jamur. Sebelum bibit jamur tiram ditanam, serbuk harus disterilkan terlebih dulu dengan menggunakan uap panas, namun jika menggunakan ampas kopi, Anda tak perlu melakukan hal tersebut.

2. Operasional Lebih Sederhana

Melakukan budidaya jamur tiram menggunakan ampas kopi tidak membutuhkan alat-alat sebanyak budidaya konvensional. Anda hanya perlu dayang ke tempat minum kopi di sekitar rumah, kemudian membeli ampas kopi dengan harga murah, dan menanam bibit jamur. Anda bisa menanam bibit di dalam wadah plastik seperti budidaya konvensional.

Baca Juga: Budidaya Jamur Tiram Putih di Daerah Panas

Perbedaan budidaya jamur tiram menggunakan ampas kopi dan konvensional tak begitu banyak. bedanya, ampas kopi telah mengalami sterilisasi saat penyeduhan, sehingga Anda dapat memangkas waktu dan biaya operasional.

3. Mudah Dicari

Apakah Anda tinggal di kota besar? tak perlu takut mencari bahan ampas kopi. Anda dapat mengumpulkan ampas dari rumah, rumah sangrai atau pun kedai. Setiap tahunnya, kita mengonsumsi 8.4 juta ton biji kopi setiap tahun, sehingga meroketnya industri ini juga bisa membuat bisnis Anda menjadi semakin maju.

4. Kaya Nutrisi

Terlepas dari dipangkasnya biaya operasional menjadi lebih murah, jamur tiram pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi yang besar, dan dipadukan dengan ampas kopi yang memiliki zat fosfor, nitrogen, karbon dan berbagai senyawa mineral lain.

5. Sehat

Sebenarnya, ini merupakan alasan yang klise. Namun, dengan menggunakan ampas kopi, Anda bukan hanya mengurangi sampah, namun dapat memproduksi makanan sendiri. Dapat memproduksi bahan makanan sendiri juga akan menjamin kesehatan makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Jamur tiram kaya akan kandungan nutrisi, kaya protein, mineral hingga vitamin B. Bahkan jamur tiram dapat menurunkan kolesterol dan menjadi penangkal kanker.

Langkah Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Ampas Kopi

Langkah Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Ampas Kopi
thetanjungpuratimes.com

Berikut langkah melakukan budidaya jamur tiram dengan mempergunakan ampas kopi:

  1. Seduh kopi terlebih dahulu dengan menggunakan air panas,
  2. Peras dan saring ampas kopi sampai tak meneteskan air lagi, pastikan Anda sudah memeras secara maksimal,
  3. Siapkan wadah yang telah dialasi tisu
  4. Pindahkan ampas yang telah diperas ke dalam cup dan wadah, padatkan dengan menggunakan sendok,
  5. Taburkan 1 sendok makan bibit jamur di atas cup yang telah diisi dengan ampas kopi, jangan lupa tutup dengan menggunakan koran dan lakukan masa inkubasi selama 2 Minggu lamanya,
  6. Selama 2 Minggu, miselium akan keluar dan menyebar dengan rata. Tutup kertas sudah dapat Anda buka. Lakukan penyiraman secara teratur di sore dan pagi hari.

Bagaimana, sangat mudah bukan mencoba budidaya jamur tiram ini? lebih-lebih dalam proses budidaya jamur tiram dari ampas kopi tidak membutuhkan bahan campuran. Selamat mencoba.

Budidaya Jamur Tiram dari Ampas Kopi

1 thought on “Budidaya Jamur Tiram dari Ampas Kopi”

  1. ide menarik nih karna semakin menjamurnya kopi shop di indonesia jadi peluang usaha jamur dari ampas kopi makin besar juga..
    kalau boleh share ilmunya lebih detail lagi min 😀

    Reply

Leave a Comment