Hama dan Penyakit Jamur Tiram

Hama dan Penyakit Jamur Tiram – Harus diakui jika budidaya jamur tiram sekarang ini sudah berubah menjadi peluang usaha yang begitu diminati oleh masyarakat. Bahkan, semakin lama permintaan pasar juga semakin besar, sehingga bisnis budidaya jamur tiram dianggap sebagai bisnis yang menggiurkan.

Hama dan Penyakit Jamur Tiram yang Sering Tidak Diperhatikan

Hama dan Penyakit Jamur Tiram yang Sering Tidak Diperhatikan
budidayajamurtiram.com

Sekarang ini, hal yang penting untuk diperhatikan bukanlah cara budidayanya saja, namun cara perawatan agar hasil panen bisa melimpah. Biasanya, yang menjadi penghambat hasil panen adalah hama dan penyakit jamur tiram.

Kemunculan Hama dan Penyakit Pada Jamur Tiram

Kemunculan Hama dan Penyakit Pada Jamur Tiram
carasendiri.blogspot.com

Untuk memperoleh kualitas jamur tiram yang baik, pembudidaya harus memperhatikan dengan jeli hama serta penyakit yang dapat menyerang tanaman jamur, insektisida akan membantu mencegah hama dan penyakit. Kadang, ketika berada di dalam masa produksi, kita tidak teliti dan kurang hati-hati sehingga bisa menimbulkan hama dan penyakit.

Munculnya hama dan penyakit dipengaruhi oleh faktor-faktor utama yakni tanah, air, kondisi udara, SDM dan bibit jamur. Jika kebersihan dalam proses budidaya tidak bagus, dapat dipastikan hama akan muncul serta mengganggu pertumbuhan jamur. Oleh sebab itu, saat persiapan media tanam, pastikan proses sterilisasi sudah dilakukan dengan benar.

Pencegahan Hama

Pencegahan Hama Jamur Tiram
jamurkitabali.wordpress.com

Berikut beberapa hama dan pencegahannya yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Serangga

Serangga yang sering mengganggu pertumbuhan jamur adalah nyamuk dan lalat. Keberadaan serangga akan memakan miselium serta buah jamur, sehingga hasil panen menjadi kurang maksimal. hama serangga juga dapat membawa virus dan penyakit jamur. Sebisa mungkin, lakukan pencegahan agar kumbung jamur terhindar dari serangga. Pencegahan bisa Anda lakukan dengan cara memasang kawat kasa berukuran kecil di bagian ventilasi.

2. Laba-laba

Hama ini biasanya akan memakan tubuh jamur, serta menyebarkan spora yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Sebagai cara pencegahannya, Anda bisa menaburkan serbuk kapur di dinding dan lantai. Anda juga dapat memusnahkan sarang laba-laba yang sering ditemukan di tumpukan baglog.

3. Rayap

Rayap biasanya akan memakan zat selulosa di dalam kayu. Hal ini akan sangat mengkhawatirkan karena baglog kemungkinan besar juga mengalami kerusakan. Sebagai pencegahannya, Anda dapat menyemprotkan ekstrak sirih di bagian tanah atau kumbung yang terserang rayap.

Penyakit Pada Jamur Tiram yang Sering Terjadi

Penyakit Pada Jamur Tiram yang Sering Terjadi
jamursekolahdolan.blogspot.com

Selain hama, berikut beberapa penyakit yang sering menyerang jamur tiram yang harus Anda waspadai, antara lain:

1. Buto hijau

Penyakit ini menyebar melalui udara. Ciri jamur yang terkena penyakit ini adalah memiliki bintik noda hijau di bagian baglog jamur, sehingga pertumbuhan jamur menjadi terhambat. Untuk pencegahannya bisa dilakukan sterilisasi peralatan dan tenaga kerja.

2. Buto ireng

Buto ireng atau mucor spp adalah munculnya noda hitam di permukaan baglog. Kontaminasi ini akan menyebabkan persaingan pertumbuhan hama penyakit dan miselium jamur. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah susunan baglog.

3. Buto orange

Penyakit ini nantinya akan menghambat pertumbuhan miselium. Penyakit ini akan memunculkan tepung dengan warna orange di kapas penyumbat baglog. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan sterilisasi media baglog secara sempurna serta mengurangi jumlah susunan baglog.

Artikel Lain: Budidaya Jamur Tiram Coklat

Merawat jamur memang membutuhkan perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan tanaman yang lainnya. Jika Anda sudah mengenali satu atau dua penyakit menyerang jamur, usahakan langsung memisahkan jamur berpenyakit dengan yang masih sehat, agar hama dan penyakit jamur tiram tersebut tidak menyerang yang lainnya.

Hama dan Penyakit Jamur Tiram

Leave a Comment