Cara Menanam Jeruk Nipis

Cara Menanam Jeruk Nipis – Siapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis, meskipun buah ini mempunyai rasa yang masam, namun buah ini mempunyai beribu manfaat. Bukan bermanfaat untuk kesehatan saja melainkan kecantikan pun jeruk nipis acap kali dijadikan bahan alami untuk mempercantik wajah.

Maka dari itu, memiliki pohon jeruk nipis dipekarangan rumah menjadi hal yang patutu dicoba mengingat manfaat dari jeruk nipis sendiri sangat banyak sekali. Bagi yang ingin menanam jeruk nipis di rumah dan ingin mendapatkan khasiat yang lebih banyak lagi, berikut ini adalah cara menanam jeruk nipis yang bisa dilakukan sendiri.

Alat-Alat yang Harus Disiapkan

Alat-Alat yang Harus Disiapkan
sipendik.com

Bagi yang ingin menanam jeruk nipis di rumah, harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Adapun alat-alat yang harus disiapkan untuk menanam jeruk nipis antara lain sebagai berikut.

  • Bibit jeruk nipis yang masih bagus dan segar
  • Digunakan untuk menggemburkan tanah
  • Digunakan untuk memotong daun dan rantig yang bercabang

Cara Menanam Jeruk Nipis

Cara Menanam Jeruk Nipis
wallhere.com

Jika semua peralatan untuk menanam jeruk nipis sudah siap. Langkah selanjutnya adalah cara menanam jeruk nipis sendiri itu sendiri. Adapun cara menanam jeruk nipis yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Bibit Tanaman

Cara pertama untuk menanam jeruk nipis yang sangat penting adalah menyiapkan bibit tanaman jeruk nipis. Pilihlah bibit atau biji jeruk nipis yang masih bagus dan masih segar. Dengan pemilihan biji atau bibit yang masih bagus dan segar tentunya akan membuat biji atau bibit tersebut tumbuh maksimal.

2. Penyiapan Lahan

Setelah bibit tanaman siap, maka cara yang selanjutnya adalah penyiapan lahan. Pada dasarnya, menanam jeruk nipis sama halnya dengan menanam tanaman yang lainnya, yakni lahan tanah harus dalam keadaan bersih.

Baik itu bersih dari rumput-rumput liar atau gulma yang ada di tanah untuk menanam jeruk nipis sendiri. Hal tersebut mesti diperhatikan, karena gulma sendiri merupakan salah satu tempat persembunyian penyakit atau hama.

Untuk membersihkan gulma sendiri bisa dilakukan dengan mencabut serta langsung membakarnya. Pembakaran tersebut menjadi cara yang sangat tepat dilakukan jika ingin menanam jeruk nipis. Hal tersebut karena sisa dari pembakarannya sendiri bisa menjadi pupuk alami bagi tanaman yang akan ditanam.

3. Pastikan Bahwa Media Tanam Subur

Cara menanam jeruk nipis yang selanjutnya adalah pastikan terlebih dahulu media tanam yang akan digunakan benar-benar subur. Karena jika media tanam yang digunakan tidak subur, maka kemungkinan pohon jeruk nipis pun tidak akan tumbuh secara maksimal. Maka dari itu, memastikan media tanam subur apa tidak sebelum menanam bibit jeruk nipis sangat perlu diperhatikan.

4. Membuat Galangan

Setelah memastikan media tanam benar-benar subur, maka cara menanam jeruk nipis yang selanjutnya adalah membuat galangan. Galangan sendiri berfungsi untuk pohon jeruk nipis yang sedang masa pertumbuhan. Biasanya galangan dibuat dari tanah gambur. Untuk membuat tanah menjadi gambur, maka bisa dilakukan dengan mencangkul tanah yang akan dijadikan galangan.

5. Mengatur Jarak Tanam

Setelah galangan dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengatur jarak tanam. Jarak tanam sendiri sangat penting untuk diperhatikan agar pertumbuhan pohon jeruk nipis sendiri tidak terhalang oleh pohon yang lainnya. Selain itu, pengaturan jarak tanam sendiri agar pencahayaan sinar matahari pada pohon jeruk nipis bisa tersinari secara merata. Jarak yang ideal dari satu pohon jeruk nipis ke pohon yang lain adalah 4 meter.

6. Pembuatan Lubang Tanam

Cara selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Untuk membuat lubang tanam sendiri lebih bagus dibuat kurang lebih 2 minggu sebelum penanaman dilakukan. Hal tersebut agar lubang untuk menanam pohon jeruk sendiri bisa diberi pupuk dasar terlebih dahulu. Penggunaan pupuk dasar yang baik adalah menggunakan pupuk kandang, agar pohon bisa tumbuh dengan baik.

7. Pemindahan Bibit Dari Tempat Semai Ke Tempat Tanam

Apabila bibit sudah cukup besar, yakni kira-kira sudah memasuki 2 bulan, maka sudah saatnya pemindahan bibit dari tempat semai ke tempat tanam. Saat pemindahan bibit dari tempat semai ke tempat tanam ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Diantaranya adalah apabila bibit sudah mempunyai daun dan dahan yang lumayan banyak, maka bisa memotong beberapa bagian. Hal tersebut bertujuan agar sinar matahari dapat menyinari bibit secara keseluruhan.

Jika bibit sudah mempunyai akar yang lebat, maka rapihkan akar terlebih dahulu sebelum memulai pemindahan. Usahakan jangan ada akar yang tergulung atau terlipat karena hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan pohon.

Dan pastikan juga saat pemindahan ketersidaan air tercukupi. Jika beberapa hal tersebut sudah diperhatikan, maka bibit jeruk nipis yang sudah lumayan besar bisa langsung dipindakan ke tempat tanam.

Artikel Lain: Cara Menanam Tomat

Perawatan Pohon Jeruk Nipis

Perawatan Pohon Jeruk Nipis
abahtani.com

Setelah mengetahui cara menanam jeruk nipis, maka mengetahui perawatan untuk pohon jeruk nipis pun sangat penting sekali. Karena tujuan dari perawatan sendiri agar pohon jeruk nipis bisa tumbuh dengan baik dan berbuah dengan lebat. Pemangkasan menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk dilakukan. Agar pohon jeruk nipis sendiri tidak terkena penyakit atau gulma.

Selain itu, pemangkasan sendiri berfungsi untuk menghilangkan cabang pohon yang sudah kering, sakit, atau cabang pohon yang sudah tidak produktif lagi untuk tumbuh. Karena jika tidak segera diberantas dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan pohon yang lain.

Untuk melakukan pemangkasan sendiri, pemangkasan tidak boleh menggunakan sembarangan alat. Usahakan pemangkasan menggunakan gunting yang bersih yang sebelumnya sudah disterilakan terlebih dahulu menggunakan alkohol.

Perawatan yang selanjutnya yang harus dilakukan pada pohon jeruk nipis adalah menyiram. Lakukanlah penyiraman dua kali sehari. Namun jika saat musim penghujan, maka kurangi aktivitas ini, karena sudah terbantuk dengan adanya air hujan.

Saat penyiraman dilakukan, usahakan tidak ada genangan air. Karena genangan air sendiri bisa menyebabkan tanah basah dan akar mnejadi busuk.

Perawatan selanjutnya yang harus diperhatikan dalam menanam pohon jeruk nipis adalah melakukan penjarangan. Penjarangan sendiri dilakukan apabila pohon sudah berbuah, yakni dengan mengurangi buah.

Buah yang dikurangi sendiri merupakan buah dengan spesifikasi yang sakit, tidak terkena sinar matahari, serta buah yang terlalu banyak di dalam satu tangkai.

Bukan hanya penjarangan saja, pembersihan gulma pun harus senantiasa dilakukan dalam merawat pohon jeruk nipis. Hal ini dilakukan agar nutrisi dalam tanah tidak dimakan oleh gulma.

Dan perawatan terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pemupukan pada pohon jeruk nipis. Pemupukan sendiri sangat diperlukan agar pohon bisa tumbuh dengan baik dan sempurna.

Masa Panen

Masa Panen Jeruk Nipis
kompasiana.com

Untuk masa panen pohon jeruk nipis sendiri biasanya jika sudah mecapai waktu satu tahun dengan buah kurang lebih sebanyak 500 buah. Itu pun tergantung dari jenis varietas jeruk nipis yang digunakan.

Namun pada umumnya, jeruk nipis sendiri bisa dipanen jika sudah memasuki masa minggu ke 30 sampai dengan minggu ke 36.

Itulah cara menanam jeruk nipis yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan melakukan penanaman sesuai dengan cara di atas, maka pertumbuhan jeruk nipis pun akan maksimal. Terlebih jika perawatannya dilakukan dengan benar, hasil panen jeruk nipis pun akan melimpah.

Cara Menanam Jeruk Nipis

Categories Menanam

Leave a Comment