Cara Menanam Gaharu

Cara Menanam Gaharu – Saat ini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang menanam jenis tumbuhan gaharu, alasannya adalah karena tumbuhan ini memiliki manfaat besar dan bernilai jual mahal.

Terutama, pada tumbuhan ini ekstraknya dapat diolah menjadi minyak wangi. Namun, kesulitan yang sering dihadapi adalah informasi tentang bagaimana cara menanam gaharu yang baik, tepat, dan benar.

Gaharu adalah jenis pohon yang banyak menyebar diseluruh Indonesia, namun kebanyakan dulunya adalah merupakan jenis kayu hutan.

Jenis tumbuhan ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan merupakan jenis pepohonan yang memiliki ketinggian yang sangat tinggi hingga mencapai dua meter. Yang diambil ekstra pembuatan minyak wangi, adalah kulit dan batangnya.

Sejarah Kemunculan Pohon Gaharu

cara tanam biji gaharu
kompasiana.com

Sejarah dari kemunculan jenis tanaman pohon gaharu berawal dari lokasi asal tanaman ini. Dimana, gaharu merupakan pohon yang memiliki tajuk lebat dengan ketinggiannya 40 meter dan diameter batangnya 60 cm.

Pada mulanya, persebaran jenis pohon gaharu ini di Bangladesh, lalu menyebar ke wilayah Myanmar, Singapura, Iran, Laos, Indonesia, Philipina, dan India.

Alasan yang mendasari, mengapa tanaman jenis pohon gaharu ini sangat memiliki aroma wangi yang khas sehingga bisa dibuat parfum dan minyak wangi, adalah dari zat atsiri yang berasal dari parasit yang hidup di dalam batang pohon gaharu.

Yaitu (Phaeoacremonium parasitica) atau Ascomycetes dengan corak warna yang lebih gelap dan kehitam-hitaman.

Klasifikasi Tumbuhan Pohon Gaharu

cara menanam pohon gaharu dengan baik
inspirasipertanian.com

Untuk para pemula yang ingin menjadi pengusaha pada pertanian pohon gaharu, harus mengetahui secara detail bahwa jenis kingdom dari pohon gaharu adalah Plantae, genusnya adalah Spermatophyta.

Lalu kemudian kelas dari tumbuhan gaharu adalah Dikotiledoneae. Dan Ordo pada tumbuhan ini adalah Myrtales, Family gaharu adalah Thymeleaceae, dan terakhir nama ilmiahnya adalah Aquilaria Malaccensis.

Morfologi Pohon Gaharu

cara menanam dan memanen gaharu
rimbakita.com

Bentuk morfologi pada pohon gaharu dimulai dari batangnya berbentuk bulat, dengan warna putih dan permukaannya yang halus dan tekstur kayunya keras.

Sedangkan pada daunnya lebih cenderung berbentuk lonjong dengan panjang 5 sampai 8 cm, dan warnanya hijau berbintik putih. Gaharu memiliki bunga berukuran 0,55 mm dan buah berwarna coklat berbaldu.

Manfaat Tanaman Pohon Gaharu dalam Dunia Kesehatan

bagaimana cara menanam biji gaharu
anqorigaharu.wordpress.com

Ternyata banyak petani ataupun masyarakat berlomba – lomba menjadi pengusaha dibidang perkebunan pohon gaharu dan belajar cara menanam gaharu, karena manfaat yang didapat tidak hanya dari batangnya untuk minyak wangi.

Namun daunnya baik untuk kesehatan. Ini telah dibuktikan berdasarkan riset ilmiah, berikut ini manfaat gaharu untuk kesehatan, yaitu :

1. Sebagai Pencegah Anti Depresi

Manfaat pertama yang dimiliki oleh daun gaharu adalah mampu mengatasi pencegahan anti depresi pada manusia. Dimana hal ini berkaitan dengan khasiat yang dikandung di dalamnya, yaitu ekstrak Benzene.

Ini merupakan ekstrak yang baik untuk sistem syaraf pada tubuh manusia. Sehingga dengan memiliki senyawa aktif bernama Agrospirol yang membuat tubuh tenang dan bugar

2. Mencegah Penuaan dan Keriputan Pada Wanita

Bagi wanita manfaat terbesar yang dimiliki oleh pohon gaharu adalah daunnya mampu diekstrak menjadi teh yang dapat di seduh dengan menggunakan air hangat sebagai obat mencegah penuaan dan keriputan pada wanita.

Selain itu, tidak hanya diminum, namun pemakaiannya juga bisa menjadi masker kecantikan. Karena didalamnya terdapat senyawa genkwanin yang baik sekali untuk kecantikan

3. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang program diet, meminum daun gaharu juga bermanfaat untuk menjaga nafsu makan agar ideal dengan bentuk tubuh yang terjaga.

Karena, tingkat glukosa daun gaharu rendah dan aman tanpa efek negatif apapun untuk tubuh. Telah dibuktikan berdasarkan riset dengan meminum 6 sampai 8 kali sehari, berat badan akan berkurang.

4. Mengurangi Rasa Mabuk

Daun gaharu sangat baik bagi tubuh yang terindikasi terkena mabuk akibat alkohol atau racun, yang membuat tubuh lemas, dimana pada daun gaharu terdapat zat yang mampu menyangkalnya.

Karena daun gaharu memiliki zat yang bisa mengsirkulasi darah yang ada didalam tubuh sehingga mampu menambah metabolisme dalam tubuh mana di energi yang baru.

Cara Menanam Tanaman Pohon Gaharu

cara merawat tanaman gaharu
gaharu.idsalim.com

Menanam pohon gaharu bukanlah hal yang mudah, semua itu karena pohon ini memiliki proses yang cukup panjang. Dan kebanyakan orang akan menyerah di pertengahan jalan. Berikut ini, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman pohon gaharu agar tumbuh dengan maksimal, yaitu :

1. Pilihlah Bibit yang Sehat dan Berkualitas

Cara menanam gaharu yang pertama sekali dilakukan adalah memilih bibit gaharu yang baik dan berkualitas, pilihlah dengan memperhatikan batang, daun, dan akar tanaman gaharu yang jauh dari hama ataupun penyakit tanaman , karena akan berdampak pada pertumbuhan pohon gaharu tersebut. Pohon gaharu memiliki tingkat pertumbuhan pada bijinya sebanyak 47 persen.

Perhatikan dengan jelas dan seksama, jika bibit yang dipilih benar-benar sehat dan akar pada pohon gaharu juga tidak menembus polibag yang menjadi media atau tempat sementara bibit pohon gaharu tersebut.

Lalu, pilih pohon dengan ukuran diameter pohon adalah 1 cm dan tinggi dari bibit pohon adalah 20 sampai 30 cm.

2. Persiapkan Lahan yang Subur dan Tidak Gersang

Langkah kedua yang harus diperhatikan saat ingin menanam pohon gaharu adalah mempersiapkan tanah sebagai lahan, dengan kriteria subur dan tidak gersang.

Walaupun cara menanam gaharu mudah, namun point ini harus diperhatikan. Agar pH tanah selalu terjaga, maka pada lahan yang akan digunakan untuk menanam pohon gaharu pH nya harus 5.

3. Buat Lubang dengan Ukuran dan Jarak Yang Sama

Cara menanam gaharu selanjutnya, adalah membuat lubang yang memiliki ukuran serta jarak yang sama, dengan tujuan agar antara satu pohon dengan pohon lainnya tidak saling mengganggu pertumbuhan pada pohon gaharu tersebut.

Ukuran lubang adalah 30 cm x 30 cm x 30 cm, dimana lubang dibuat dua minggu sebelum penanaman dimulai.

Dan jarak antara pohon yang ditanam adalah 3 meter x 3 meter menyesuaikan dengan lahan . Pada lubang untuk menanam , tambahkan dengan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos yang dengan ukuran 3 sampai 5 kilogram. Untuk pupuk kimiawi juga bisa dengan menggunakan NPK dengan berat 20 sampai 30 gram.

4. Diamkan Pupuk Ditanah Selama Satu Minggu

Setelah semua pupuk yang diperlukan baik itu pupuk kandang, pupuk kompos, ataupun pupuk NPK kedalam lubang yang ingin digunakan untuk menanam pohon gaharu, hal terpenting selanjutnya yang harus dikerjakan saat melakukan cara menanam gaharu adalah dengan mendiamkan pupuk meresap kedalam lubang tersebut selama satu minggu lamanya. Agar tanah semakin subur.

5. Tanam Pohon Saat Musim Hujan

Waktu yang tepat menanam pohon gaharu adalah saat hujan, alasannya adalah karena ketika hujan, maka tanah akan semakin lembab dan nutrisi air untuk pertumbuhan pohon gaharu akan baik, apalagi dalam menanam pohon gaharu membutuhkan banyak air, tanam pohon kedalam lubang, agar hasilnya baik penanam dilakukan dengan cara monokultur atau polkultur.

6. Rutin Melakukan Pengairan

Pentingnya melakukan pengairan saat melakukan penanam pohon gaharu adalah agar tanah disekitar pohon gaharu selalu lembab.

Dimana, pengairan atau penyiraman ini dilakukan dengan jangka waktu 1 kali sehari dengan melihat kondisi pada cuaca dan lahan. Pengairan dan penyiraman paling rutin dilakukan ketika musim kemarau agar tanah tidak kering dan tandus.

7. Jangan Lupa Memangkas Cabang Pohon

Cara menanam pohon yang harus diperhatikan pada tahap akhir adalah jangan pernah lupa memangkas cabang pohon pada pohon gaharu, apabila pohon telah mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi dari sebelumnya.

Terutama pada cabang-cabang yang rusak dan daun-daunnya yang telah menguning, hal ini akan mengganggu pertumbuhan pada pohon gaharu menjadi lebih terhambat.

Demikianlah informasi tentang cara menanam pohon gaharu beserta manfaat yang dapat diperoleh dari menanam pohon tersebut.

Dan, semoga ini bisa menjadi sumber inspirasi bersama untuk memulai bisnis perkebunan gaharu, dengan menghasilkan minyak aromateraphy dan minyak wangi terbaik di dunia. Intinya adalah pemberian pupuk, perawatan, dan penyiraman tersebut jangan dilupakan sama sekali.

Cara Menanam Gaharu

Categories Menanam

Leave a Comment