Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville – Bunga Bougenville mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Bunga Bougenville ini menjadi salah satu tanaman hias yang sudah sering dibudidayakan di Indonesia.

Dikenal sebagai bunga kertas, budidaya bunga Bougenville bisa dilakukan dengan membuat bonsai. Cara membuat bonsai bunga Bougenville juga tidak terlalu rumit membuat banyak orang melakukannya.

Tentang Bunga Bougenville

Tentang Bunga Bougenville
pixabay.com

Orang Indonesia menyebutnya sebagai bunga kertas, bunga Bougenville ini memiliki nama ilmiah Bougainvillea. Bunga Bougenville sudah jamak dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Bentuknya menyerupai pohon kecil yang indah meski tampak seperti pohon yang sulit untuk tumbuh dengan tegak. Keindahan warnanya yang berwarna cerah menjadi daya tarik utama dari bunga Bougenville.

Bunga Bougenville ini memiliki banyak jenis seperti Bambino Majik, Alexandra, hingga Bambino Baby Lauren. Bunga Bougenville banyak disukai sebagai tanaman hias karena perawatannya yang mudah serta cocok untuk tumbuh di negara tropis seperti di Indonesia.

Biasanya, bunga Bougenville ini dibuat bonsai agar memiliki tampilan yang lebih cantik dan menarik.

Alat dan Bahan

Peralatan Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Sama seperti proses membonsai pada umumnya, proses membonsai bunga Bougenville juga membutuhkan beberapa alat dan bahan.

Beberapa alat yang biasa digunakan seperti pot, pisau, gunting tanaman, tali atau kawat harus disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan proses membonsai. Selain itu bisa ditambahkan dengan beberapa alat dan bahan berikut ini:

  • Karet dari Ban Bekas
  • Pupuk Organik (Kompos atau Pupuk Kandang)
  • Pupuk Anorganik
  • Kerikil
  • Plastik
  • Solasi
  • Media tanam berupa tanah
  • Sekop
  • Tang

Alat-alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan bonsai pada bunga Bougenville bukanlah alat baru. Untuk mencarinya juga mudah karena banyak dijual di toko-toko di sekitar. Media tanam dan pupuk juga bisa didapatkan dengan membeli di toko-toko tanaman hias yang ada di tempat terdekat.

Penanaman Bunga Bougenville Sebelum Dibonsai

cara menanam bunga bonsai bougenville
servertanamania.net

Salah satu syarat agar proses membonsai bunga Bougenville bisa berjalan dengan sukses adalah dengan memilih bibit yang baik.

Untuk itu sebelum memulai cara membuat bonsai bunga Bougenville, sebaiknya melakukan penanaman bunga Bougenville dengan benar agar nantinya bonsai bunga Bougenville bisa sukses. Berikut adalah proses penanaman bunga Bougenville sebelum dibonsai.

1. Memilih Bibit Bunga Bougenville

Memilih Bibit Bunga Bougenville
bukalapak.com

Hal yang paling penting diperhatikan sebelum memulai proses pembuatan bonsai adalah tanaman induk dari bunga Bougenville. Tanaman induk bunga Bougenville ini harus memiliki kualitas bunga yang sehat dan baik.

Daunnya subur dan tidak terpapar oleh hama penyakit. Ciri paling mudah ialah dengan melihat warna daunnya yang berwarna hijau cerah.

Kemudian, tanaman indukan bunga Bougenville ini sebaiknya berasal dari hasil pencangkokan. Sayangnya, proses pencangkokan ini cukup memakan waktu.

Sehingga sebaiknya diberikan jeda waktu kurang lebih 1 bulan dari proses pencangkokan sebelum memulai proses pembonsaian. Setelah bibit berkembang dengan baik dan cukup sehat, langkah selanjutnya adalah dengan memindahkan bibit ke dalam pot.

2. Memindahkan Bibit ke dalam Pot

Memindahkan Bibit Bunga Bougenville ke dalam Pot

Sebelum bibit yang sudah berkembang dengan baik dan sehat dipindahkan ke dalam pot yang baru, sebaiknya cuci bersih pot terlebih dahulu untuk menghilangkan penyakit atau bakteri yang ada. Masukkan juga media tanam seperti tanah liat, kompos, dan tambahan pasir. Idealnya perbandingan di antara ketiganya adalah 4:2:1.

Sebelum bibit dipindahkan, pastikan bibit bunga Bougenville sudah tumbuh dengan baik dan kuat. Kemudian, dengan cara memegang batang bibit bunga Bougenville, cabut lalu pindahkan ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam tadi.

Jangan lupa untuk memastikan agar tanaman bunga Bougenville posisinya tegak lurus saat ditanam ke dalam pot.

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Aster

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville
pinterest.com

Setelah melakukan pemindahan bibit bunga Bougenville yang menjadi syarat untuk membuat bonsai, berikutnya adalah langkah utama dalam membonsai bunga Bougenville.

Membonsai bunga Bougenville ini tidak terlalu rumit dan cocok untuk dilakukan pada sela-sela aktivitas atau saat libur untuk sekadar mengisi waktu luang. Berikut ini adalah cara membuat bonsai bunga Bougenville secara lengkap.

1. Proses Memangkas Cabang dan Ranting

Proses Memangkas Cabang dan Ranting Bonsai Bunga Bougenville
countryliving.com

Langkah pertama dalam proses pembonsaian adalah dengan memangkas cabang atau ranting yang tampak kurang menarik.

Untuk memangkas cabang dan ranting ini bisa dengan menggunakan pisau atau gunting tanaman. Selain agar terlihat menarik, proses memangkas bonsai ini juga dapat mengurangi tingkat stress pada bunga Bougenville akibat banyaknya penguapan yang terjadi.

Pemangkasan cabang dan ranting pada bunga Bougenville juga harus hati-hati agar tidak melukai cabang dan ranting lainnya.

Sebuah tips agar tidak melukai cabang dan ranting saat pemangkasan ialah dengan membungkus cabang dan ranting yang tidak dipangkas dengan menggunakan karet ban. Setelah membuang semua yang tidak dibutuhkan, waktunya untuk membentuk dan mempercantiknya

2. Trik Mempercantik Tampilan

Trik Mempercantik Tampilan Bonsai Bougenville
paktanidigital.com

Untuk mempercantik tampilan bunga Bougenville ini, persiapkan beberapa alat seperti kawat, tali, dan gunting untuk memotong.

Proses mempercantik tampilan ini membutuhkan kreativitas dari orang yang membonsai. Silakan melakukan proses membonsai bunga Bougenville secantik yang diinginkan sesuai dengan selera. Manfaatkan kawat untuk melilit ranting yang sedang dibentuk sesuai dengan selera.

Agar lebih mudah, sebaiknya siapkan kerangka dasar dengan memanfaatkan cabang dan ranting utama yang ada. Kemudian barulah memadukan dengan sisa ranting yang ada untuk diikat dan dibentuk sesuai dengan kreativitas. Agar lebih kuat, ikat dengan tali sehingga dapat menjaga posisi selama proses membuat bonsai bunga Bougenville.

3. Proses Pangkas, Merapikan, dan Menyiangi

Proses Pangkas, Merapikan, dan Menyiangi Bonsai Bunga Bougenville
centralbonsai.com

Tanaman bunga Bougenville yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak menarik harus terus dirawat dan dijaga. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemangkasan untuk merapikan ranting-ranting yang mulai tumbuh atau mati. Ciri ranting yang mulai mati ini dapat dilihat dari warnanya yang mulai pudar dan menguning.

Selain itu, rapikan juga ranting yang dianggap tidak perlu dengan cara memotongnya secara rutin dengan menggunakan gunting tanaman.

Jangan lupa juga untuk menyiangi bunga Bougenville secara berkala untuk mencegah bunga menjadi layu. Keseluruhan proses ini sebaiknya dilakukan pada awal bulan April hingga Juni ketika matahari mulai terik dan hujan mulai berkurang.

4. Trik Membuat Bunga Bougenville Semakin Cantik

Trik Membuat Bunga Bougenville Semakin Cantik
anekagambarbunga.blogspot.com

Selain itu, agar bunga Bougenville tampak lebih indah, bisa dengan melakukan stek pada beberapa batang pohonnya.

Sebaiknya pilih bunga dengan warna yang berbeda dari pucuk bunga yang lain. Pemilihan warna yang berbeda ini nantinya akan membuat tanaman bonsai bunga Bougenville memiliki warna yang beragam dalam satu pohonnya.

Potong bagian cabang dari tanaman utama lalu iris secara diagonal dari potongan yang sudah ada. Tempel dengan potongan dari cabang tanaman lain kemudian ikat dengan karet atau kawat. Tutup dengan plastik bila perlu untuk menjaga kelembaban dari sambungan tersebut. Selalu pastikan agar sambungan dapat menyatu dengan baik.

Cara Merawat Bonsai Bunga Bougenville

Cara Merawat Bonsai Bunga Bougenville
pinterest.com

Cara membuat bonsai Bunga Bougenville terlihat semakin cantik ialah dengan merawatnya terus-menerus sembari melakukan proses pemangkasan. Tanaman bunga Bougenville juga tetap harus disiram secara berkala dan diberikan pupuk bila diperlukan. Pupuk yang disarankan ialah menggunakan pupuk NPK dengan komposisi perbandingan 15:15:15.

Cara Membuat Bonsai Bunga Bougenville

Categories Bunga

Leave a Comment