Cara Budidaya Ikan Aquaponik

Posted on

Cara Budidaya Ikan Aquaponik – Budidaya ikan sebagai salah satu bahan pangan yang dibutuhkan untuk manusia tentu saja akan tidak ada matinya. Ada banyak sekali cara budidaya ikan dengan berbagai media, jenis dan cara salah satunya dengan teknik aquaponik. Ya! Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara budidaya ikan aquaponik agar hasilnya baik.

Cara pembudidayaan dengan media atau teknik aquaponik memang belum banyak diminati publik namun sudah banyak yang mengenalnya.

Teknik budidaya ikan aquaponik tergolong menarik karena menggabungan dua teknik budidaya ikan maupun tumbuhan didalamnya. Nah bagaimana sih sebenarnya cara budidaya ikan aquaponik agar hasilnya baik, berikut ulasannya.

Memahami Apa Itu Budidaya Aquaponik?

Memahami Apa Itu Budidaya Aquaponik?
bppp-tegal.com

Sebelum merambah lebih detail membahas mengenai cara budidaya ikan aquaponik ada baiknya untuk mengetahui apa itu sebenarnya aquaponik.

Aquaponik merupakan salah satu contoh pertanian modern yang menggabungkan dua unsur. Sistem ini menggabungkan dua kemungkinan budidaya hidroponik dan aquaponik yang digadang lebih menguntungkan.

Aquaponik sendiri dikenal sebagai kegiatan atau sistem bercocok tanam pada tumbuhan tanpa media tanah. Pada sistem hidroponik yang mengacu pada budidaya aquaponik sistemnya akan merambah dengan gaya akuakultur. Jadi untuk budidaya aquaponik adalah perkembangan tanaman dan ikan dalam satu media secara bersamaan.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Budidaya Ikan Aquaponik

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan Pada Budidaya Ikan Aquaponik
superindo.co.id

Setelah mengetahui apa itu sebenarnya budidaya aquaponik secara ringkas dan lugas, perlu juga mempeprhatikan hal penting dalam budidayanya. Seperti cara kerjanya,media dasarnya atau bahkan media pendukungnya. Berbagai media harus diperhatikan sebagai acuan dasar untuk membudidaya ikan dalam metode aquaponik.

Pompa aquarium, paralon atau sekam dan gabus merupakan salah satu media dan bahan yang wajib ada dalam budidaya aquaponik.

Selain itu memperhatikan jenis ikan yang cocok untuk pengembangan aquaponik juga diperlukan, karena tidak semua ikan cocok dibudidaya dengan teknik ini. Pengadaan alat, bahan dan media yang mumpuni bisa digunakan untuk memulai budidaya.

BACA JUGA  Budidaya Belut Tanpa Lumpur

Jenis-jenis Ikan yang Cocok Melalui Teknik Aquaponik

Jenis-jenis Ikan yang Cocok Melalui Teknik Aquaponik
sanyhatchery.blogspot.com

Setelah mengetahui dan memperhatikan alat, bahan atau media dasar dari aquaponik, maka wajib langkah selanjutnya melakukan pemilihan jenis ikan.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tidak semua jenis ikan cocok untuk dikembangkan dalam tenik aquaponik. Ada beberapa jenis ikan saja yang dapat berkembang dengan baik seperti ikan Nila.

Ikan nila sendiri merupakan ikan yang perawatannya bisa dikatakan paling ringan dan tidak rumi sama sekali, selain itu kekebalan ikan nila juga baik.

Ikan nila mampu beradaptasi dengan cepat pada media tertentu dan beradaptasi pada pH tertentu. Selain itu ikan lainnya yang bisa digunakan untuk aquaponik adalah ikan lele, salmon dan ikan mas.

Beberapa jenis ikan diatas memiliki ketahan dan penyerapan hidup yang baik dalam media tertentu, dengan perkembangan yang baik tentunya.

Ikan lele sendiri terkenal merupakan ikan yang tangguh dalam mengatasi parasit dan gangguan yang ada. Namun untuk karakter ikan salmon dan ikan mas agak berbeda karena untuk jenis hidroponiknya hanya menggunakan media selada.

Ikan lainnya yang bisa dipilih untuk teknik aquaponik yang lain adalah ikan guppy dengan tingkat penjagaan dan perawatan yang relatif mudah.

Kemudian bagi pecinta ikan lucu bisa mengembangkan budidaya ikan koi dengan sentuhan dekoratif pada aquaponiknya. Pilih jenis ikan tertentu seperti beberapa ikan diatas dengan catatan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pengelolaan.

Cara Budidaya Ikan Aquaponik Agar Hasilnya Baik

Cara Budidaya Ikan Aquaponik Agar Hasilnya Baik
maluttoday.com

Setelah memahami secara singkat apa itu aquaponik dan jenis ikan yang bisa dipilih, kini bisa menyimak cara budidaya ikan aquaponik agar hasilnya baik. Di bawah ini adalah step by step cara budidaya ikan aquaponik yang tepat:

1. Membuat Media Aquaponik yang Tepat

Membuat Media Budidaya Ikan Aquaponik yang Tepat
youtube.com

Langkah untuk membudidayakan ikan aquaponik agar hasilnya baik yang pertama adalah dengan membuat media aquaponik yang tepat. Pilihlah media seperti wadah atau tempat budidaya yang tepat dengan jenis ikan yang sesuai. Kemudian jangan lupa pastikan media pendukung seperti oksigen pacu atau sekam dan gabus.

Media aquaponik yang tepat jelas menjadi salah satu point yang membuat ikan bisa berkembang dengan baik. Selain itu jenis daun pendukung untuk pertumbuhan hidroponik juga perlu diperhatikan sebagai jalannya perkembangan sistem.

Jenis media yang tepat akan membantu perkembangan menjadi lebih baik, pastikan juga jenis medianya harus berkualitas ya.

BACA JUGA  Cara Budidaya Ayam Joper

2. Memperhatikan Jumlah Kerapatan Ikan dalam Media

Memperhatikan Jumlah Kerapatan Ikan Dalam Media Aquaponik
youtube.com

Seusai menyiapkan media yang tepat, langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan jumlah kerapatan ikan yang ada didalam media.

Jumlah ikan yang terlalu banyak akan menyulitkan perkembangan ikan, namun ikan yang berjumlah kurang juga tidak proporsional. Semakin banyak ikan yang ada, hanya akan membuat kerapatan makanan menjadi menyusut dan meningkatkan stress ikan.

Maka dari itu pastikan untuk memperhatikan proporsionalitasan ikan dan media juga tanaman yang ada. Pastikan jumlah tanaman hidroponik yang ada mampu mencukupi kebutuhan makanan dan oksigen bagi ikan yang ada dalam teknik aquaponik.

Perlu sekali kemampuan petani dalam memperhitungkan hal-hal demikian untuk menambah tingkat keberhasilan budidaya.

Jangan lelah untuk melakukan pembelajaran dan terus meningkatkan strategi penjagaan ikan sehingga tingkat keberhasilan makin tinggi.

Apalagi bagi pemula agaknya memang harus meningkatkan kemampuan pengelolaan menjadi lebih baik. Mula-mula bisa lakukan penanaman dan pembibitan ikan dengan jumlah yang tidak relatif banyak.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Nila

3. Memberikan Pakan Berkualitas Baik Berikut Waktu Pemberiannya yang Tepat

Memberikan Pakan Berkualitas Baik Berikut Waktu Pemberiannya yang Tepat Saat Budidaya Ikan Aquaponik
youtube.com

Pakan berkualitas menjadi salah satu instrument dan point penting untuk membuat budidaya aquaponik menjadi berhasil. Jenis pakan berkualitas diperlukan untuk mengembangkan ikan menjadi lebih besar dan siap panen. Pemberian makan ikan juga tidak boleh melebihi batas atau dalam jumlah yang berlebihan.

Lakukan pemberian ikan makanan secara berkala setidaknya pada pagi dan sore hari selama 5 menit. Mengapa harus 5 menit? Berilah ikan kesempatan untuk menghabiskan makanannya dalam 5 menit. Jika setelahnya makanan tidak habis, maka sisanya harus bisa dikeluarkan dari kolam agar tidak mengendap.

Selain itu jika memiliki jumlah ikan yang relatif besar dan banyak maka berilah makanan yang cukup sering agar pemenuhan limbah untuk tanaman terpenuhi.

Makanan ikan membuat ikan terpenuhi nutrisi dan menghasilkan limbah untuk diserap oleh tanaman dan kembali diolah menjadi oksigen. Pentingnya pengelolaan dan ekosistem antar pendukung membuat petani harus memberikan jenis makanan komersial yang berkualitas.

4. Tidak Lupa Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Air

Tidak Lupa Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Air Media Budidaya Aquaponik
kompasiana.com

Selain memperhatikan media pengembangan ikan, memperhatikan jenis ikan, memperhatikan pakan ikan. Langkah dan cara selanjutnya dalam budidaya aquaponik adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan air yang berkala agar mencegah hama.

Jangan sampai tingkat Nitrit dan Amonia banyak terkandung dalam air ikan yang bisa mengakibatkan ikan sakit dan mati.

BACA JUGA  Cara Budidaya Kura-Kura Brazil

Pastikan untuk selalu mengecek perkembangan dan kesehatan air pada periode tertentu termasuk mengenai limbah yang dihasilkan oleh ikan.

Karena bagaimanapun perputaran limbah, tumbuhan dan pertumbuhan ikan sangat dipengaruhi juga dengan kesehatan air yang ada. Lakukan pemeriksaan kesehatan air setidaknya 1 minggu sekali agar kesehatan air semakin terjaga dan gangguan kesehatan bisa diminimalisir.

5. Pahami Waktu Siklus Hidroponik Bekerja

Pahami Waktu Siklus Hidroponik Bekerja Ketika Budidaya Ikan Aquaponik
aquaponiksemarang.blogspot.com

Pada dasarnya sistem aquaponik memang membutuhkan dan menggunakan media hidroponik untuk menunjang perkembangannya.

Maka dari itu pahami waktu dan siklus hidroponik yang biasanya terjadi setidaknya 3 sampai 4 minggu lamanya. Kesehatan tanaman dalam siklus hidroponik juga bisa mempengaruhi perkembangan ikan yang ada.

Pastikan siklus nitrogen yang ada sesuai, selain itu untuk suhu, aerasi dan sirkulasi air juga wajib diperhatikan.

Bisa juga untuk meyakinkan air sebagai media aquaponik dan hidroponik lakukan pengujian dengan alat pengujian kolam air.  Perhatikan detail dan setiap point diatas untuk menghasilkan hasil budidaya aquaponik yang berkualitas dan sukses.

Diatas adalah beberapa cara budidaya ikan aquaponik agar hasilnya baik, dengan penerapan yang tidak rumit. Beberapa point diatas agaknya bisa dilakukan dengan mudah asalkan ada kemauan, strategi dan ketekunan. Pastikan untuk selalu menjaga kualitas air, kebersihan air, makan dan kesehatan tanaman hidroponik yang ada.

Cara Budidaya Ikan Aquaponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *