jurnalasia.com

Keuntungan Budidaya Ikan Nila Merah

Posted on

Keuntungan Budidaya Ikan Nila Merah – Tak dapat dimungkiri bahwa keuntungan budidaya ikan nila merah menjadi salah satu alasan banyak orang memutuskan untuk terjun dalam dunia ternak ikan. Meskipun, jumlah pembudidaya ikan cukup tinggi, tingkat persaingannya justru tergolong rendah.

Hal tersebut dikarenakan pangsa pasar yang luas dan permintaan pasar yang tinggi. Bahkan, saking tingginya terkadang pembudidaya tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

Apa Saja Keuntungan Budidaya Ikan Nila Merah?

Apa Saja Keuntungan Budidaya Ikan Nila Merah?
jurnalasia.com

Bagi Anda yang tertarik membudidayakan ikan, tetapi masih ragu, simak sederet keunggulan ternak ikan nila merah berikut ini.

1. Pangsa Pasar Luas

Tak dapat dimungkiri bahwa ikan nila merupakan jenis ikan yang disukai banyak kalangan. Inilah salah satu alasan mengapa pasar penjualan ikan nila sangat luas.

Permintaan pasarnya pun tak pernah sepi. Bahkan, ketika pasar tengah lesu, permintaan ikan nila merah tetap stabil. Artinya, Anda tak perlu khawatir mengenai kelangsungan bisnis budidaya ikan nila karena dalam situasi apa pun tetap menguntungkan.

2. Kandungan Gizi Tinggi

Ikan nila merah mengandung gizi yang sangat tinggi, yakni protein, omega 3, fosfor, kalium,vitamin B3, B5, B12, dan antioksidan. Dengan kandungannya ini, ikan nila bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit, meningkatkan sistem imun, dan mencegah anemia.

Pada ibu hamil, kandungan ikan nila memaksimalkan perkembangan otak janin, memperbaiki pencernaan, dan menjaga berat badan tetap stabil.

3. Modal Kecil

Anda yang ingin mulai bisnis ikan nila tak perlu khawatir, sebab modal yang dibutuhkan tidak besar. Dibandingkan dengan usaha lain, seperti membuka kafe, rumah makan, atau percetakan, usaha ternak ikan sangat murah dan terjangkau untuk seluruh kalangan.

4. Benih Mudah Didapat

Keunggulan lain dari budidaya ikan nila merah adalah kemudahan mendapatkan benih. Umumnya, benih ikan nila dijual di toko perikanan. Namun, kini Anda pun dapat membelinya secara online melalui marketplace.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung ukuran dan kualitasnya. Semakin bagus benih yang dipasarkan, semakin mahal pula harga jual per ekornya. Namun, tak perlu ragu membeli benih unggulan.

Baca Juga: Budidaya Ikan Nila Kolam Tanah

BACA JUGA  Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor

Kendati harga benih unggulan bisa dua kali lipat lebih mahal, hasil yang akan Anda dapatkan pun berkali lipat lebih menguntungkan. Selain itu, tingkat kematian benih pun rendah. Alhasil, kerugian dapat diminimalisasi sebaik mungkin.

5. Pertumbuhan Baik

Dalam budidaya ikan nila dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Pasalnya, selama beberapa bulan Anda harus rajin melakukan pemantauan, memberikan pakan berkualitas, dan mencegahnya dari berbagai penyakit yang dapat menyebabkan benih ikan nila mati.

Kendati demikian, dibandingkan dengan benih ikan lainnya, ikan nila merah memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus. Ikan nila merah dapat beradaptasi dengan cepat dan tidak mudah mengalami stres.

6. Harga Jual Tinggi

Dari sisi bisnis, ikan nila merah sangat menguntungkan. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, pangsa pasar ikan nila sangat luas. Peminatnya pun sangat banyak. Hal tersebut secara tidak langsung membuat harga jual ikan nila merah tinggi.

Dengan kata lain, semakin banyak hasil panen Anda, semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

7. Mudah Dipasarkan

Lantaran peminatnya yang tinggi, Anda bisa dengan mudah menjual ikan nila. Selain dipasarkan sendiri, Anda bisa menjualnya pada pengecer, kafe, rumah makan, pasar tradisional, ataupun supermarket.

Demikianlah informasi mengenai keuntungan budidaya ikan nila merah yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Apakah Anda tertarik? Ayo, mulai bisnis ternak ikan nila merah sekarang!

Keuntungan Budidaya Ikan Nila Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *