masudinblog.wordpress.com

Budidaya Ikan Nila Kolam Tanah

Posted on

Budidaya ikan nila kolam tanah merupakan metode ternak ikan konvensional yang masih digunakan hingga saat ini. Sebagian besar, metode kolam tanah lebih banyak dijumpai di wilayah pedesaan.

Apa Itu Budidaya Ikan Nila Kolam Tanah?

Apa Itu Budidaya Ikan Nila Kolam Tanah?
masudinblog.wordpress.com

Maklum saja, dibandingkan dengan wilayah perkotaan, tanah di desa masihlah luas sehingga cocok menerapkan metode kolam tanah. Selain itu, metode ini pun dianggap yang paling mudah dan murah. Bahkan untuk pemula sekalipun. Risiko kegagalannya pun kecil.

Kendati demikian, metode kolam tanah bukan tanpa kekurangan. Tak jarang, hasil panen ikan nila tidak sesuai harapan lantaran cuaca yang tidak bersahabat, lokasi dekat dengan hewan predator, hingga kurangnya perawatan. Namun, tak perlu khawatir, sebab hal ini dapat diminimalisasi dengan menerapkan sistem yang tepat.

Tata Cara Memulai Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah

Tata Cara Memulai Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah
jitunews.com

Lantas, bagaimana cara beternak ikan menggunakan metode kolam tanah? Adapun langkah-langkah memulai budidaya ikan nila dengan sistem kolam tanah, antara lain sebagai berikut.

1. Persiapan Kolam Tanah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kolam tanah. Pilih tanah yang padat dan tidak berporos. Sangat dianjurkan untuk memilih tanah yang bisa menampung banyak air.

Tanah yang subur, tidak terkandung minyak, dan pabrik sangat baik untuk tumbuh kembang ikan nila. Sebaliknya, tanah yang tercemar dapat meningkatkan peluang kematian ikan nila. Carilah tempat tanah yang dekat dengan mata air sehingga sirkulasi air sesuai.

Setelah itu barulah Anda mempersiapkan hal-hal seperti berikut ini.

  • Membuat lubang kolam
  • Mengeringkan kolam yang sudah dibuat
  • Memperbaiki tanggul
  • Mengolah tanah dasar kolam
  • Membuat saluran keluar masuknya air ke kolam
  • Melakukan proses pengapuran untuk menjaga pH air
  • Memupuk dasar kolam
  • Mengairi kolam

2. Pemilihan Benih

Sebelum memilih, Anda wajib memperhatikan ciri benih ikan berkualitas.

  • Benih sehat
  • Tidak cacat
  • Aktif bergerak
  • Warna senada
  • Ukuran tubuh dan panjang sama
  • Bobot benih ikan harus mencapai 10 sampai 20 gram per ekor
  • Merespon ketika diberi pakan

3. Penyebaran Benih

Anda bisa menyebarkan benih dengan cara perlahan. Tujuannya agar benih ikan nila dapat beradaptasi dengan air kolam tanah. Cara termudah, yakni dengan menyiapkan ember yang berisikan air dari kolam tanah.

BACA JUGA  Budidaya Ikan Nila di Kolam Beton

Setelah itu campur dengan air biasa dan masukkan benih ikan ke dalam ember secara perlahan. Diamkan beberapa jam dan pindahkan benih ikan dari ember ke kolam tanah.

4. Pemberian Pakan

Anda bisa memilih pakan sesuai kebutuhan. Terdapat dua jenis pakan untuk ikan nila, yakni pakan alami dan pakan buatan. Anda pun diperbolehkan untuk menggunakan keduanya secara bergantian.

Artikel Terkait: Budidaya Ikan Nila Merah

Kendati demikian, jika Anda ikan yang Anda budidayakan mencapai ribuan, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pelet ikan. Selain mudah didapatkan, kandungan pelet ikan sangat lengkap, yakni mengandung protein sebesar 30%.

5. Pemeliharaan

Untuk memelihara ikan nila tak begitu sulit. Anda hanya harus rutin mengecek keadaan air. Perhatikan sirkulasi air dan juga kandungan air dalam kolamnya. Apakah telah sesuai standar atau belum?

Jika air mengeluarkan bau tak sedap dan tampak sangat keruh, Anda wajib mengganti air kolam. Hal ini dilakukan agar kembang biak ikan sempurna.

6. Panen

Anda bisa memanen ikan nila yang sudah berumur empat hingga lima bulan terhitung dari waktu pembenihan atau telah mencapai bobot standar, yakni 500 gram per ekor.

Demikianlah informasi mengenai budidaya ikan nila kolam tanah yang perlu Anda ketahui. Tertarik? Ayo, mulai bisnis ternak ikan nila sekarang!

Budidaya Ikan Nila Kolam Tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *