Cara Menanam Strawberry

Cara Menanam Strawberry – Siapa yang tidak menyukai buah strawberry yang manis dan sedikit masam satu ini? Dengan bentuk buah yang unik dan warna sangat cantik membuatnya jadi buah favorit banyak orang.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun bisa pula dijadikan sebuah hiasan untuk kue atau manisan yang akan membuat penampilannya semakin menarik.

Apalagi kandungan yang ada di dalamnya sangat baik bagi kesehatan, maka dari itu sudah banyak orang yang mulai penasaran bagaimana cara menanam strawberry nan lezat satu ini di rumah.

Menanam strawberry di rumah akan sangat memudahkan untuk di konsumsi tanpa perlu membelinya di supermarket bukan? hal tersebut akan menghemat uang belanja, terutama bagi anak kos.

Cara penanaman dan perawatan buah satu inipun terbilang cukup mudah, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba di rumah bukan? jika penasaran bagaimana, cukup simak informasi lengkapnya berikut ini.

Mengenal Buah Strawberry

gambar buah strawberry
mesinpertanian.id

Buah strawberry merupakan salah satu tanaman buah herbal yang pertama kali ditemukan di Amerika dan kemudian menyebar ke Asia.

Jenis buah satu ini memiliki warna yang cantik, yaitu merah dengan bintik hitam dan bertekstur sangat lembut. Apalagi bentuknya yang unik dan terasa manis, buah satu ini cukup populer di antara buah lainnya loh.

Tempat untuk menanam buah strawberry biasanya harus berada di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin dan lahan tanah yang subur.

Beberapa daerah di Indonesia yang populer dengan tanaman buah strawberry adalah seperti Lembang, Ciwidey, Batu Malang, Situbondo, hingga Bedugul Bali. Jadi, jika mengunjungi beberapa daerah tersebut pastikan untuk mencoba buah strawberry-nya ya!

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Matoa

Manfaat Konsumsi Buah Strawberry

manfaat buah strawberry untuk kesehatan
mediatani.co

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam strawberry yang benar, simak terlebih dahulu apa saja manfaat dan khasiat yang dikandungnya, antara lain:

1. Melancarkan Pencernaan

Buah strawberry memiliki manfaat berupa sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga bisa menurunkan berat badan pula loh.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga bisa mencegah kontipasi, peradangan dan diabetes tipe-2. Hal tersebut karena buah satu ini cukup baik untuk memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula yang ada di dalam darah.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, maka tidak heran jika bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. Hal tersebut berimbas pula pada sistem kekebalan tubuh yang semakin baik dan mampu melawan berbagai macam penyakit.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan vitamin yang ada dalam buah strawberry mampu melumpuhkan sel kanker yang menyerang tubuh. Hal tersebut karena adanya kandungan senyawa asam ellagik dan kuersetin yang bisa mencegah kanker kulit, kanker payudara, hingga kanker hati loh. Jadi pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin ya!

4. Mengobati Jerawat

Memiliki jerawat yang cukup mengganggu penampilan? maka konsumsi buah satu ini secara rutin agar terhindar dari jerawat. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menyehatkan dan juga menghaluskan kulit. Dijamin kepercayaan diri akan meningkat dan tampilan semakin mempesona.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah strawberry memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, terutama adanya antioksidan untuk memberikan nutrisi pada tubuh terutama mata. Dijamin akan menjauhkan mata dari penyakit yang menakutkan loh.

Cara Menanam Strawberry Paling Mudah

cara menanam buah strawberry di rumah dengan mudah
artikel.rumah123.com

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai strowberry berikut ini tentu akan sangat membantu dalam proses menanam. Berikut ini merupakan cara menanam strawberry yang paling mudah dan bisa dijadikan pedoman, antara lain sebagai berikut:

1. Menyiapkan Bibit Berkualitas

Cara menanam strawberry yang pertama yaitu dengan menyiapkan bibit berkualitas. Hal ini akan berpengaruh pada hasil tanaman atau buah yang berkualitas tinggi pula.

Belilah di toko tanaman yang terpercaya ataupun melakukan pembibitan sendiri. Pastikan pula untuk melakukan pembibitan dengan cara mengambil hanya bagian batang untuk dijadikan bibit yang berkualitas baik nantinya.

2. Menyiapkan Media Tanam

Kedua, pastikan untuk menyiapkan media tanam yang tepat. Pilihlah poly bag dengan lubang drainase yang bagus pada bagian dasar, serta media tanam dengan perbandingan tanah dan pupuk 1:1.

Barulah kemudian masukkan bibit strawberry tersebut ke dalam lubang tanam yang ada dan tempatkan di bawah paparan sinar matahari langsung setidaknya 10 jam per hari. Tidak hanya itu, pastikan untuk menjauhkannya dari daerah dengan perairan terbuka untuk menghindari genangan yang membuatnya busuk.

3. Penyiraman Tanaman

Penyiraman tanaman merupakan cara menanam strawberry selanjutnya yang harus dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dan berbuah dengan baik.

Lakukan penyiraman secara rutin setidaknya 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari untuk menjaga kelembapan tanaman. Namun hindari menyiramnya terlalu banyak dan pada buah tanaman karena akan menyebabkan adanya jamur ataupun pembusukan pada tanaman strawberry itu sendiri.

4. Pemupukan Tanaman

Cara menanam strawberry selanjutnya yaitu proses pemupukan tanaman. Hal ini sangat penting untuk dilakukan selain penyiraman, pasalnya pemberian pupuk akan berpengaruh baik pada pertumbuhan tanaman satu ini.

Lakukan pemupukan secara rutin setelah tanaman berusia 2 bulan. Gunakan pupuk organik dan usahakan untuk tidak mengenai bagian batang, daun, serta buahnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya.

Jika kondisi tanah dianggap kurang subur, maka bisa pula menambahkan dosis atau pupuk tambahan. Tentunya hal ini akan membuat hasil tanaman buah berkualitas tinggi serta rasa buah yang segar dan nikmat.

5. Penanggulangan Hama Dan Penyakit

Tidak hanya memberikan tanaman penyiraman dan pemupukan, namun juga menjaganya agar terhindar dari hama dan penyakit yang akan merusak tanaman. Beberapa hama dan penyakit yang menyerangnya yaitu ulat, kumbang, kutu daun, hingga kutu thrip yang tentunya akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Gunakan insektisida khusus yang bisa menangani hama dan penyakit pada tanaman buah strawberry. Pastikan pula bahwa produk tersebut aman digunakan dan ikuti petunjuk penggunaan di label kemasan agar tidak salah dan menimbulkan hal-hal yang akan merusak tanaman.

Selain insektisida, penggunaan fungisida juga penting untuk mencegah penyakit pada tanaman buah satu ini. Tanaman buah strawberry sangat rentan terhadap jamur, jadi gunakan fungisida yang aman untuk tanaman rumahan dan tutupilah buah dengan jaring aga terhindar dari sasaran burung.

6. Pemanenan

Tahap akhir dalam cara menanam strawberry yaitu merupakan proses pemanenan. Buah strawberry bisa dipanen jika sudah memenuhi beberapa syarat, yaitu warna kulit buah yang mulai memerah, tepi daun yang menguning dan batang pohon yang mengering dengan baik.

Bisa dibilang, tanaman satu ini bisa dipanen setelah berumur setidaknya 2 bulan atau lebih hingga memenuhi syarat pemanenan.

Untuk melakukan pemanenan, siapkan gunting khusus untuk memetik buah yang cantik satu ini pada saat pagi atau sore hari setidaknya 5 hari sekali. Jika buah sudah terlihat memerah, petik dan tempatkan pada keranjang buah yang telah disediakan untuk panen. Jika sudah dipetik, maka cuci hingga bersih dan kemudian siap disantap.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara menanam strawberry yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula di rumah.

Dengan beragam manfaat yang terkandung di dalam buah satu ini, tentunya mengonsumsinya secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh loh. Terutama jika menanam dan merawatnya sendiri di rumah, dijamin lebih menghemat pengeluaran dan juga tidak perlu repot keluar rumah untuk membelinya bukan? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat ya!

Cara Menanam Strawberry

Categories Menanam

Leave a Comment