news.kkp.go.id

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

Posted on

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur – Mungkin ada sebagian masyarakat Indonesia yang belum pernah mendengar tentang cacing sutra. Cacing sutra adalah sejenis cacing yang memiliki panjang kurang dari 1 cm dan memiliki diameter sekitar 0,5 sampai 1 mm.

Biasanya, cacing sutra ini hidup di tempat-tempat yang lembab atau di perairan kotor seperti di air comberan, got dan di kolam-kolam pembuangan. Budidaya cacing sutra merupakan sebuah peluang bisnis yang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur beserta cara perawatannya.

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

cara budidaya cacing sutra alami
ilmubudidaya.com

Membudidayakan cacing sutra merupakan sebuah bisnis yang sangat menguntungkan. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari budidaya cacing sutra, maka bisnis tersebut harus didukung dengan adanya stok cacing sutra dengan jumlah yang banyak.

Bagi yang tertarik ingin membudidayakan cacing sutra, berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur yang sangat menguntungkan

1. Mempersiapkan Bibit Cacing Sutra

budidaya cacing sutera cara modern
petanismart01.blogspot.com

Menentukan dan mempersiapkan bibit cacing sutra merupakan salah satu hal penting dalam membudidayakan cacing sutra. Seseorang tidak perlu bingung dan khawatir saat mencari bibit cacing sutra. Bibit cacing sutra sangat mudah untuk didapatkan, yakni di toko ikan hias maupun di pasar hewan.

Untuk seseorang yang memiliki sawah, maka cacing tanah dapat ditemukan di lumpur sekitaran sawah. Untuk mendapatkan bibit cacing sutra ini cukuplah mudah yaitu belilah bibit cacing sutra yang memiliki kualitas tinggi. Bibit cacing sutra yang berkualitas tinggi nantinya dapat bertahan lama dalam kondisi apapun.

Ciri-ciri bibit cacing sutra yang berkualitas adalah gumpalan cacing sutra hampir mirip dengan gumpalan  rambut. Jika gerakan dari gumpalan cacing sutra tersebut sangat cepat, berarti cacing sutra tersebut merupakan bibit yang baik.

Langkah selanjutnya ialah memisahkan gumpalan-gumpalan cacing sutra tersebut lalu masukanlah bibit cacing sutra tersebut ke dalam wadah yang sudah diberi air bersih.

Air dalam wadah tersebut jangan terlalu banyak, beri air secukupnya saja. Perlu diketahui bahwa pemisahan gumpalan cacing tersebut bertujuan untuk mengkarantina bibit cacing supaya cacing sutra tidak terkena bakteri dan tidak mudah terserang penyakit ataupun logam yang berbahaya.

BACA JUGA  Cara Budidaya Burung Anis Merah

Air yang digunakan untuk tempat bibit cacing sutra tersebut harus memiliki kandungan oksigen yang baik. Namun jika air dalam wadah tersebut tidak memiliki kandungan oksigen yang baik, maka alangkah baiknya untuk menggunakan alat bernama aerator untuk menambah kadar oksigen pada air.

Baca Juga: Cara Budidaya Cacing Darah

2. Mempersiapkan Media Budidaya Cacing Sutra

analisa budidaya cacing sutra media nampan
youtube.com

Menentukan dan mempersiapkan media budidaya cacing sutra merupakan salah satu cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur yang wajib untuk diperhatikan. Jika bibit cacing sutra yang berkualitas baik sudah didapatkan, maka langsung saja siapkanlah nampan atau media untuk cacing sutra.

Siapkanlah sebuah nampan bersih berbahan plastik yang berukuran cukup besar. Nampan-nampan tersebut nantinya dapat disusun agar terlihat rapi dan tidak berserakan. Jika nampan sudah tersedia, maka yang harus disiapkan selanjutnya ialah air bersih.

Pastikan air tersebut selalu mengalir supaya cacing sutra dapat berkembang biak dengan baik. Agar air dapat mengalir terus, letakanlah selang atau saluran air pada nampan yang berada di posisi paling atas. Nantinya air akan terus mengalir dari nampan paling atas ke nanpan yang ada di bawahnya, begitu seterusnya.

3. Pemindahan Bibit Cacing Sutra

em4 untuk budidaya cacing sutra
abahtani.com

Perlu diketahui bahwa cacing sutra merupakan salah satu jenis cacing yang mudah stress, jadi pemindahan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati. Untuk melakukan pemindahan bibit cacing sutra, alangkah baiknya menggunakan sendok atau jaring ikan yang berukuran kecil.

Jangan sekali-kali memindahkan cacing sutra dengan menggunakan tangan. Hal tersebut dikarenakan, suhu pada tangan manusia dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan cacing sutra.

4. Pemberian Pakan Terhadap Cacing Sutra

harga budidaya cacing sutra
kkp.go.id

Cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur yang selanjutnya adalah pemberian pakan. Untuk membantu pertumbuhan, cacing sutra harus diberi pakan secara rutin dan teratur.

Pemberian pakan berupa bahan organik yang bertekstur lembek dan mudah hancur dapat membantu pertumbuhan cacing sutra. Agar cacing sutra dapat tumbuh sehat, berikanlah tambahan pakan berupa ampas tahu.

Perlu diketahui bahwa ampas tahu kaya akan kandungan protein dan jamur yang tentunya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan cacing sutra. Pemberian pakan berupa ampas tahu tersebut diberikan saat memasuki usia 1 sampai 12 hari setelah proses pemindahan bibit cacing sutra.

Agar cacing sutra dapat berkembang biak dengan sehat, maka tambahkanlah pakan berupa kotoran ayam yang sudah difermentasikan terlebih dahulu. Selain itu berikanlah juga pakan berupa sawi yang telah dihancurkan untuk hasil yang memuaskan.

BACA JUGA  Cara Budidaya Kroto Media Toples

5. Tahap Panen Cacing Sutra

cara budidaya cacing sutra media lumpur
news.kkp.go.id

Untuk bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan, maka cara-cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur harus dilakukan secara hati-hati dan penuh kesabaran.

Cacing sutra siap panen saat sudah memasuki usia 70 sampai 75 hari setelah proses pemindahan. Proses pemanenan cacing sutra tersebut harus hati-hati dan harus menggunakan trik khusus.

Pertama-tama, tutuplah nampan secara keseluruhan menggunakan kain warna gelap. Setelah itu tunggulah 5 sampai 6 jam dan siapkanlah jaring ikan ukuran kecil dan sebuah wadah. Wadah tersebut nantinya digunakan untuk mengumpulkan hasil panen cacing sutra.

Setelah didiamkan selama 5 sampai 6 jam, bukalah kain penutup nampan. Setelah kain dibuka, maka nantinya akan terlihat cacing sutra yang bergerombol pada permukaan air.

Ambilah gerombolan cacing sutra tersebut dengan menggunakan jaring kemudian taruhlah di wadah kering yang sudah disiapkan tadi. Biasanya, cacing sutra yang dihasilkan setiap nampan berkisar 100 sampai 150 ml.

Cara Perawatan Cacing Sutra

rahasia sukses budidaya cacing sutra
mongabay.com

Setelah melakukan cara-cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur di atas, maka selanjutnya yang wajib dilakukan adalah perawatan terhadap cacing sutra. Perawatan tersebut bertujuan agar cacing sutra tetap sehat, dapat tumbuh dengan baik dan dapat berkembang biak dengan baik.

Cara pertama untuk melakukan perawatan terhadap cacing sutra adalah selalu memperhatikan dan mengamati debit air yang mengalir pada nampan atau media cacing sutra.

Sebisa mungkin debit air yang digunakan untuk mengairi media cacing sutra adalah 5 sampai 7 cm. Apabila debit air tersebut dapat mengalir dengan baik dan lancar, maka kandungan oksigen yang ada dalam air tersebut juga sangat baik.

Saat melakukan budidaya cacing sutra ini, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan bahan-bahan kimia. Hal tersebut dikarenakan, bahan-bahan kimia dapat membahayakan cacing sutra dan bahkan dapat mengakibatkan cacing sutra mati. Maka dari itu gunakanlah bahan-bahan alami saat melakukan budidaya cacing sutra ini.

Cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur ini sangatlah mudah, jadi siapa saja dapat memulai usaha dengan membudidayakan cacing sutra. Keuntungan dari budidaya caing sutra ini dapat dibilang sangat banyak karena sekarang masih jarang yang melakukan budidaya cacing sutra.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur dan cara perawatannya. Cacing sutra merupakan jenis cacing yang mengandung gizi yang tinggi dan baik untuk pakan ikan. Maka tidak heran jika cacing sutra ini sedang banyak dicari oleh para pembudidaya ikan.

BACA JUGA  Cara Budidaya Pembesaran Ikan Gurame

Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Lumpur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *